Koleksi Pilihan Panduan

Film yang Layak Ditunggu Tahun 2017

cinema quote by martin scorsese

Apa saja film yang layak ditunggu tahun 2017? Sebagai penggemar film, pertanyaan itu akan hinggap di benak kita di penghujung tahun ini. Karena itu, ijinkan saya berbagi pendapat.

Tahun 2016 ini kita sudah menyaksikan begitu banyak film. Mulai dari yang keren seperti: Fantastic Beast and How to Find Them, Doctor Strange, the Jungle Book, 10 Cloverfield Lane, Kubo and the Two Strings, Zootopia, dll. Sampai yang tidak seperti kita harapkan — paling tidak bagi saya — seperti: Batman vs Superman: The Dawn of Justice, Captain America: Civil Wars, Now You See Me 2, dll.

Di bulan Desember ini kita masih menanti dua film dari franchise besar, yaitu Rogue One: A Star Wars Story, dan Assassin’s Creed. Semoga saja film tersebut sesuai dengan nama besar yang dimilikinya.


Baca juga: 4 Film Populer Bulan ini (Desember 2016)


Daftar Film Populer 2017

Silence

Disutradarai oleh Martin Scorsese dan dibintangi oleh Adam Driver (Star Wars: The Force Awaken – Kylo Ren), Andrew Garfield (the Amazing Spider-Man), dan Liam Neeson, film ini bercerita tentang dua pastur muda yang mencari guru mereka di Jepang pada abad ke-17. Nama Martin Scorsese menjadi jaminan mutu film ini. ‘Nuff said.

Silence sudah beredar secara terbatas di beberapa negara (konon ditonton secara pribadi oleh Paus ditemani oleh Martin Scorsese), dan akan beredar luas awal tahun 2017.


John Wick: Chapter 2

Heyaa… Ini kembalinya si pembunuh legendaris John Wick. Film pertama mendapat respon bagus dari penontonnya (termasuk saya). Sebagai film laga, John Wick memiliki gayanya tersendiri. Di sekuel film ini, ia kembali ke dunia hitam untuk melawan kelompok pembunuh bayaran internasional. Berdasar film pertama, kita bisa berharap keseruan yang sama hadir di John Wick: Chapter 2.

John Wick: Chapter 2 mulai beredar di Amerika pada 10 Februari 2017.


Logan

Film terbaru Wolverine ini menceritakan bagaimana Logan (Wolverine) dan Charles Xavier (Prof. X) berjuang melindungi Laura Kenney yang memiliki kemampuan seperti Logan (X-23?), sementara kekuatan mereka sendiri berangsur redup (healing factor Logan melemah, dan Xavier menderita Alzheimer). Film ini terinspirasi oleh novel grafis berjudul Old Man Logan. Melihat trailer-nya, saya sungguh berharap film ini bagus. Apalagi Logan disebut sebagai film solo Wolverine terakhir.

Logan akan mulai beredar di Amerika pada tanggal 3 Maret 2017.


Beauty and the Beast

Setelah Maleficent (2014) dan Cinderella (2015), Disney meneruskan tradisi baru mereka membawa fairy tales kartun ke versi laga hidup (live action). Emma Watson akan menjadi princess terbaru Disney, menyusul Elle Fanning (Aurora) dan Lily James (Cinderella). Yah, Emma Watson terlihat cocok untuk peran ini (Don’t judge me. I’m a simple man. I see pretty girl. I like).

Beauty and the Beast rencananya akan dirilis di Amerika pada tanggal 17 Maret 2017.


Ghost in the Shell

Ghost in the Shell merupakan salah satu serial manga dan anime paling populer karya Masamune Shirow. Sebelumnya, Ghost in the Shell juga sudah diangkat dua kali sebagai film animasi. Keduanya, Ghost in The Shell (1995) dan Ghost in the Shell 2: Innocence (2004), disutradarai oleh Mamoru Oshii.

Nama besar Masamune Shirow dan Mamoru Oshii menjadi beban berat film Ghost in the Shell dari Hollywood ini. Fans berat Ghost in the Shell mungkin merasa ragu apakah film terbaru ini bisa menangkap esensi dan nuansa film pendahulunya. Apalagi ketika melihat yang memerankan adalah Scarlett Johansson yang orang barat. Ghost in the Shell sendiri memiliki tema yang cukup berat, dan film pendahulunya memiliki ritme yang lambat. Namun justru inilah yang membuat penasaran.

Ghost in the Shell akan dirilis di Amerika pada 31 Maret 2017.

Sebagai perbandingan, berikut trailer film Ghost in the Shell 2: Innocence:


Guardians of the Galaxy Vol. 2

Sejujurnya, inilah film yang paling saya tunggu di tahun 2017. Film pertamanya sangat memuaskan. Jadi, kita bisa berharap banyak bahwa sekuelnya ini akan memiliki kualitas yang sama. Keren dan menghibur. Yah, apalagi di Guardians of the Galaxy Vol. 2 ini ada Baby Groot. 😀

Guardians of the Galaxy Vol. 2 akan dirilis di Amerika pada tanggal 5 Mei 2017.


Baca juga: 9 Film Superhero Marvel Terbaik Sejauh Ini


Wonder Woman

Yah, seperti sudah dilihat di film Batman vs Superman: The Dawn of Justice, dan digaungkan jauh-jauh hari, Wonder Woman hadir dengan filmnya sendiri. Terus terang, saya sedikit ragu dengan film ini. Semoga saja Wonder Woman lebih baik dari Batman vs Superman.

Wonder Women rencananya akan dirilis 2 Juni 2017 di Amerika.


Spider-Man: Homecoming

Setelah muncul di Captain America: Civil Wars, Spider-Man yang diperankan Tom Holland memulai seri barunya. Kabar menyebutkan bahwa di film ini tidak ada peran kekasih Peter Parker (baik Mary Jane maupun Gwen Stacy). Namun ada tokoh perempuan yang diperankan oleh Zendaya. Di Spider-Man: Homecoming ini, Marisa Tomei kembali hadir sebagai Aunt May, Robert Downey Jr. akan hadir sebagai Tony Stark, dan Michael Keaton (yang jadi Batman versi Tim Burton) menjadi musuhnya, The Vulture.

Spider-Man: Homecoming akan dirilis di Amerika pada 7 Juli 2017


Dunkirk

Film yang disutradarai oleh Christopher Nolan ini bercerita tentang bagaimana pasukan sekutu yang terdiri dari pasukan Belgia, Inggris, Kanada, dan Perancis dikepung oleh pasukan Jerman. Mereka berusaha diungsikan ditengah pertempuran sengit di Perang Dunia kedua. Film ini dibintangi oleh Aneurin Barnard, Kenneth Branagh, Tom Hardy, dan Cillian Murphy.

Dunkirk rencananya akan dirilis secara luas di Amerika pada tanggal 21 Juli 2017.


Kingsman: The Golden Circle

Film ini menceritakan tentang kerjasama Eggsy (Taron Egerton) dan Merlin (Mark Strong) dengan agen dari Amerika setelah markas besar Kingsman diserang. Film Kingsman: The Secret Service, yang diangkat dari novel grafis berjudul the Secret Service, berhasil meraih kesuksesan. Film itu termasuk favorit saya. Kingsman: The Golden Circle menjadi salah satu film yang paling saya tunggu di tahun 2017. “Oxfords, not brogues.

Kingsman: The Golden Circle rencananya akan dirilis di Amerika pada 6 Oktober 2017.

poster kingsman the golden circle


Thor: Ragnarok

Sejujurnya, saya tidak terlalu menunggu film terbaru Thor ini. Walau film pertama Thor cukup lumayan, film keduanya tidak terlalu. Mungkin yang membuat film ini layak ditunggu di tahun 2017 mendatang adalah kehadiran Doctor Strange dan juga Hulk. Yah, kalau kalian melihat cuplikan adegan di akhir film Doctor Strange, hal ini sudah diduga.

Thor: Ragnarok mulai tayang di bioskop Amerika pada 3 November 2017.

thor ragnarok


Justice League

Yeah, inilah pesaing The Avengers. Tim super dari DC. Film ini sudah terlalu lama ditunggu oleh fans DC. Tapi di masa lalu, DC “terlalu asik” dengan Superman dan Batman. Bahkan melupakan salah satu dari the big three, Wonder Woman.

Di film ini, melanjutkan kejadian di Batman vs Superman, Bruce Wayne (Batman) dan Diana Prince (Wonder Woman) mengumpulkan meta human lain untuk menghadapi bahaya dari Steppenwolf (salah satu pasukan elit Darkseid) dan pasukan Parademons. Sejauh ini belum ada bocoran soal nasib Superman. Melihat film Batman vs Superman: Dawn of Justice, terus terang saya takut kecewa dengan film ini.

Justice League mulai beredar di Amerika pada tanggal 17 November 2017.


Star Wars: Episode VIII

Film ini melanjutkan jalan cerita dari Star Wars: Episode VII – The Force Awakens (berarti jadi film kedua sekuel trilogi Star Wars). Belum ada informasi lebih jauh mengenai plot cerita film ini (bahkan judulnya pun belum). Yang kita ketahui adalah sutradara film ini bukan lagi J. J. Abrams, tapi Rian Johnson (sebelumnya menyutradari Looper, dan tiga episode Breaking Bad).

Star Wars: Episode VIII akan mulai beredar di Amerika pada 15 Desember 2017.

judul star wars episode 8 the last jedi


Baca juga: 7 Film Adaptasi Buku Favorit


Sebenarnya, masih ada banyak film populer lain, seperti:

  • Kong: Skull Island,
  • Fast 8,
  • Alien: Covenant, 
  • Transformers: The Last Knight,
  • Power Rangers,
  • Cars 3,
  • Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales,
  • xXx: Return of Xander Cage,
  • Smurfs: The Lost Village,
  • The Mummy,
  • T2 Trainspotting,
  • The Lego Batman Movie,
  • World War Z 2, dll.

Namun beberapa di antaranya merupakan lanjutan dari film yang sudah bertele-tele dan mulai kehabisan bahan cerita.

Oke, T2 Trainspotting dan World War Z 2 mungkin bisa jadi kejutan kecil yang menyenangkan. Trainspotting merupakan salah satu film yang mengangkat nama sutradaranya, Danny Boyle. Sedangkan World War Z adalah film bertema zombie apocalypse yang cukup bagus.

The Mummy mungkin juga bisa sedikit dipertimbangkan. Selain karena tokoh utamanya diperankan oleh Tom Cruise, konon film ini merupakan bagian dari seri Universal Monster, yang membawa monster-monster menjadi semacam The Avenger atau Justice League. Seri Universal Monster ini juga akan membawa nama-nama besar, seperti: Russel Crowse (Dr. Henry Jekyll). Javier Bardem (Frankenstein’s Monster), dan Johnny Depp (The Invisible Man).

Jadi, itulah 12 film yang layak ditunggu di tahun 2017. Yah, ditambah beberapa film lain. Kalau ada film lain yang lupa saya sebut, silakan beritahu saya. Semoga tulisan ini bisa memberikan sedikit gambaran ramainya film bioskop 2017.