Google Files Go: Menghindari Memori Internal Penuh

aplikasi google files go
Google

Beberapa waktu terakhir ini saya mencoba aplikasi Files Go. Sebuah aplikasi file manager buatan Google. Konon, aplikasi ini berguna untuk menghindari memori handphone penuh. Apakah begitu? Yuk kita bahas.

Mungkin kamu sudah baca soal program Android Go. Sebagai bagian dari program itu, Google membuat beberapa aplikasi ringan, termasuk aplikasi ini. Tujuannya, agar kamu bisa menggunakan handphone dengan efisien dan hemat.

Aplikasi Files Go Membantu Mengosongkan Memori Handphone

Kalau kamu membuka aplikasi file manager biasa, mungkin yang pertama kamu lihat adalah kategori berkas atau jajaran folder. Aplikasi Files Go berbeda.

Ketika kamu membuka aplikasi ini, yang kamu lihat pertama kali adalah saran menghapus berkas yang menjadi “beban”. Saran itu dikelompokkan dalam kategori: Media & meme resolusi rendah, aplikasi yang tidak digunakan, cache aplikasi, berkas yang diunduh, berkas berukuran besar.

aplikasi files go menghindari memori handphone penuh

Kalau kamu mau mengosongkan ruang di handphone, pilih salah satu kategori itu. Kemudian, kamu bisa memilih berkas apa saja yang mau kamu hapus.

Kebetulan saya tidak menggunakan microSD card. Tapi saya pikir aplikasi ini juga bisa mengatur berkas di SD card. Di sisi lain, kemungkinan besar kamu sudah menggabungkan SD card ke memori internal.

Tapi tidak hanya itu. Bahkan dalam waktu tertentu, kamu akan mendapat notifikasi. Aplikasi ini akan mengingatkan soal berkas-berkas yang tidak terpakai dan membuat memori handphone penuh.

Bisa kamu lihat, aplikasi Files Go ini memang punya fitur spesifik. Sejauh yang saya rasakan, fungsi ini berjalan dengan baik.

BACA JUGA
Mengatur Kuota Internet Android dengan Aplikasi Datally dari Google

Aplikasi Files Go Membantu Transfer File

Fitur menarik lain dari aplikasi ini adalah mengirim berkas antar perangkat. Prosesnya menggunakan koneksi nirkabel antar perangkat. Tidak lewat internet. Jadi mirip seperti AirDroid.

Kalau kamu mau mengirim file ke handphone lain, tinggal nyalakan aplikasi Files Go, pilih halaman ‘File’, geser layar ke bawah, dan tekan ‘KIRIM’. Nyalakan juga aplikasi ini di handphone lain (entah handphone teman atau handphone-mu), dan pilih ‘TERIMA’. Begitu tersambung, kamu bisa memilih berkas dan mengirimnya dengan cepat.

transfer berkas dengan files go

Sekali lagi, cara ini juga akan menghemat. Terutama kalau handphone penerima ada di jarak dekat. Kita tidak perlu menggunakan koneksi internet. Cukup koneksi antar perangkat.

Sejauh yang saya tahu, belum ada versi aplikasi ini untuk komputer. Jadi sementara ini belum bisa transfer file dari handphone ke komputer dengan aplikasi ini. Namun bukan tidak mungkin, hadir di masa mendatang.

Sebenarnya saya merasa kalau fitur yang dimiliki aplikasi ini seharusnya sudah menjadi bagian di sistem operasi. Tapi mengingat tiap pabrikan punya versi Android tersendiri, mungkin hal itu jadi sulit.

Bukan apa-apa, mengontrol file dan memori handphone adalah fitur mendasar. Jadi menurut saya, aplikasi semacam ini layak ada. Kalau kamu mau mencoba, silakan unduh lewat link di bawah ini.

Download

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.