Minat Tren Internet

Facebook Rilis Instant Games di Messenger dan News Feed

facebook messenger iphone

Keseriusan Facebook untuk kembali di dunia game semakin nyata dengan Instant Games di Messenger dan Kabar Berita Facebook. Instant Games merupakan fitur permainan lintas perangkat berbasis HTML5. Permainan yang ada di sana bisa dimainkan baik melalui aplikasi maupun situs Facebook di browser. Facebook menyatakan bahwa dengan demikian penggunanya bisa menemukan, berbagi, dan bermain game favoritnya tanpa harus menggunakan aplikasi terpisah.

We are launching Instant Games, a new HTML5 cross-platform gaming experience, on Messenger and Facebook News Feed for both mobile and web. This new games experience allows people to easily discover, share, and play games without having to install new apps.
~ Facebook

Instant Games bisa diakses di Messenger lewat ikon kontroler game di bagian bawah kolom mengetik pesan. Sedangkan di Kabar Berita (News Feed) akan tampil melalui rekomendasi, kiriman, tantangan, atau di Facebook Page untuk game terkait. Selain itu, kita juga bisa mengakses Instant Games di Facebook melalui menu di sidebar.

instant games di messenger


Baca juga: Gameroom: Game Facebook Pesaing Steam


Facebook menyatakan bahwa saat ini Instant Games tersedia di 30 negara untuk aplikasi Facebook dan Messenger versi terbaru yang mendukung iOS 8 atau yang lebih baru, dan Android v5 atau yang lebih baru. Facebook juga menyebutkan kalau saat ini sudah ada 17 permainan tersedia. Game lain akan hadir menyusul. Game tersebut rata-rata merupakan game klasik, seperti Pac-Man, Galaga, Arkanoid, dll.

instant games di facebook

Sejauh ini saya belum menemukan Instant Games di Facebook dan Messenger saya, baik dengan aplikasi maupun website. Fitur ini, seperti juga fitur baru lain, akan hadir secara bertahap. Jadi kalau kamu suka main game — apalagi menantang teman dan mengadu skor — silakan cek aplikasi Facebook dan Messenger di handphone kalian. Kalau belum tersedia, ya harap bersabar.

Seperti kita ketahui bersama, Facebook sempat menjadi raja game online dengan permainan seperti Mafia Wars, Farmville, dll. Sayangnya, mereka sedikit terlambat ketika game online pindah ke perangkat bergerak (handphone dan tablet). Instant Games — dan juga Gameroom — merupakan upaya Facebook untuk kembali eksis di dunia game.