Apa Pemindai Sidik Jari di Layar Bekerja Sesuai Janji?

vivo x21
Foto: Vivo

Pemindai sidik jari di layar merupakan salah satu teknologi yang paling menarik akhir-akhir ini. Namun, karena belum banyak handphone menggunakannya, mungkin kita bertanya-tanya, apakah ia akan bekerja sesuai yang seharusnya?

Pemindai sidik jari di layar — atau istilah kerennya in-display fingerprint scanner — memungkinkan posisi teknologi biometrik itu tetap berada di depan, tanpa harus memakan bidang tersendiri.

Banyak yang menganggap — termasuk saya — posisi pemindai di depan adalah posisi yang paling ideal. Kenapa? Karena posisi itu tetap mudah dijangkau dalam berbagai posisi. Salah satunya, ketika handphone diletakkan di meja. Tidak perlu mengangkat, tinggal tunyul.

Di sisi lain masih ada ketakutan untuk layar handphone. Bahkan di era Gorilla Glass saat ini. Takut layar tergesek debu saat ada di kantong celana, atau tangan kita yang kotor saat memegangnya. Itu sebabnya kita sering memasang pelindung.

BACA JUGA
Desain Layar iPhone X Jadi Tren Smartphone Terbaru

Terus terang, bukan kami yang melakukan uji coba ini. Tapi Marques Brownlee yang dikenal dengan sebutan MKBHD. Seorang YouTuber yang populer akan review handphone-nya.

Ia menguji coba layar handphone Vivo X21 (tepatnya Vivo X21 UD). Mulai dari melapisi layar dengan air, saus sambal, menggores dengan cutter, sampai mengamplas layar handphone. Ugh, bikin merinding! Ia juga membandingkan respon pemindai di Vivo X21 dengan Touch ID di iPhone.

vivo x21 dengan pemindai sidik jari di layar

Vivo X21 UD

Hasilnya cukup mengejutkan. Pemindai di layar di Vivo X21 bisa bekerja seimbang dengan Touch ID di iPhone. Yah, ada beberapa momen ketika pemindai Vivo berkerja lebih lambat dari iPhone. Tapi secara umum seimbang.

Misalnya ketika uji air dan saus sambal, kedua pemindai (Vivo dan iPhone) tidak bekerja. Namun ketika diuji dengan debu (Marques Brownlee menggunakan remah keripik kentang), pemindai iPhone bekerja lebih baik.

Bagaimana dengan pelindung layar? Marques menguji beberapa jenis pelindung, termasuk yang anti-spy. Hm, pemindai Vivo bekerja baik, tidak terganggu. Kemudian, ia pun meningkatkan uji coba. Ia mencoba dengan pelindung tempered glass yang sudah retak. Walau respon lambat, pemindai di layar juga tetap berfungsi.

BACA JUGA
Vivo X21 Dengan Fingerprint Scanner di Layar Tersedia di Singapura

Bahkan ketika ia mengamplas (beberapa kali) layar Vivo X21 sampai agak buram, pemindainya tetap berfungsi! Sedikit lambat, tapi tetap berfungsi. Wow. Luar biasa.

Ini membuktikan bahwa teknologi pemindai sidik jari di layar bisa jadi standar baru dalam waktu dekat. Apalagi seiring waktu, teknologi ini bisa menjadi lebih baik lagi. Rumor pun menyebutkan kalau Samsung dan Apple juga berencana memakai teknologi ini.

Nah, kalau kamu mau lihat video uji coba dari Marques Brownlee ini, silakan lihat di bawah ini.

Ada komentar?