Serial Game of Thrones Membuat Jantung Berdetak Lebih Kencang

menonton dengan tegang
Johan Viirok

Data dari sebuah aplikasi kesehatan bernama Cardiogram menunjukkan bahwa serial Game of Thrones memberi efek jantung berdetak lebih kencang.

Data tersebut merupakan hasil riset dari 300 pengguna Apple Watch, dengan rekaman setiap 5 detik (standar Apple Watch adalah 5 menit). Jumlah keseluruhan yang didapat adalah 2,3 juta detak jantung.

Cardiogram mencatat adegan di beberapa serial Game of Thrones yang menghasilkan efek detak jantung cukup tinggi.

Adegan tersebut adalah:

  1. Jaime Lannister menyerang Daenerys dan Drogon (S07E04)
    — Rata-rata 91 detak jantung per menit
  2. Arya membalas dendam pada Klan Frey (S07E01)
    — Rata-rata 83,2 detak jantung per menit
  3. Lamaran Euron Greyjoy ke Cersei Lannister (S07E01) dan Jon Snow bertemu Daenerys (S07E03)
    — Rata-rata 83 detak jantung per menit
  4. Daenerys marah ke Varys (S07E02)
    — Rata-rata 76 detak jantung per menit

Yang menarik Brandon Ballinger, co-founder Cardiogram menyebutkan bahwa “Data menunjukkan kalau adegan drama Game of Thrones lebih meningkatkan detak jantung dari pada adegan laga”.

efek game of thrones pada detak jantung

Yah, memang adegan drama di serial Game of Thrones membuat penonton — dan kali ini juga pembaca bukunya — penasaran. Kita jadi tegang menunggu apa yang terjadi. Apakah ada plot twist atau tokoh yang mati (sering terjadi kan?).

Lagipula, serial Game of Thrones musim ini memang seru.

Pertama, banyak kejadian yang dinanti fans dari tokoh-tokoh yang ada. Seperti pertemuan Dany dan Jon, Dany beserta Drogon maju perang, berkumpulnya anak-anak Stark, dll.

Kedua, cerita musim ini belum muncul di buku serial A Song of Ice and Fire. Yah, sebenarnya sudah dari setengah musim tahun lalu. Jadi, tidak hanya fan serial TV, fans bukunya pun tidak tahu apa yang akan terjadi.

Ketiga, musim ini banyak menampilkan “nostalgia” pada musim-musim awal. Banyak adegan yang berhubungan. Pertemuan Arya dengan Nymeria, Arya berlatih dengan Brienne (bandingan dengan Syrio Forel), dll.

Cardiogram menunjukkan hasil detak jantung penonton Game of Thrones ini sebagai bagian dari riset mRhythm, yaitu tentang Atrial fibrillation (detak jantung tidak teratur). Aplikasi ini — dengan deteksi detak jantung di smart watch dan algoritma deep learning-nya — bisa membaca gejala tersebut dan memberitahukan pengguna.

Kalau jantungmu sehat, tentu saja tidak akan ada masalah. Namun kalau tidak, ya berhati-hatilah.

Cara Cardiogram menarik minat penggunanya ini boleh dibilang cukup unik. Dengan memanfaatkan kepopuleran serial Game of Thrones, mereka menunjukkan kondisi tubuh yang rawan.

Di samping itu, kalau dipikir, Game of Thrones “hanyalah” serial TV. Menontonnya tidak menuntut aktivitas yang berat. Bahkan kalau mau dibandingkan dengan nonton film horor atau film laga.

Jadi cukup menarik kalau sisi drama serial ini bisa bikin deg-degan (untuk cowok-cowok, melihat Daenerys, Tyene, dan Missandei mungkin punya efek sama 😬).

Yah, memang kalau tidak dipancing seperti itu, seringkali kita tidak peduli dengan kebugaran. Bahkan ketika sudah punya perangkat canggih (smart watch seperti Apple watch), seringkali hanya berfungsi sebatas gengsi.

Dracarys!


via Mashable


ARTIKEL TERKAIT

1 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *