Sistem Keamanan Denuvo Pada Game-Game Ini Dibobol Dengan Mudah!

Sistem Keamanan Denuvo Pada Game-Game Ini Dibobol Dengan Mudah!

Denuvo atau disebut juga sebagai Denuvo Anti-Tamper, merupakan sistem Digital Right Management (DRM) yang dibuat oleh Denuvo Solution GmbH, sebuah perusahaan software di Austria.

Sistem ciptaan mereka digadang-gadang sebagai pengaman sebuah software agar sulit dimodifikasi, crack, ataupun mengalami malfungsi. Tapi pada kenyataannya, masih banyak yang bisa dijebol oleh peretas meskipun sudah mendapat keamanan dari Denuvo.

BACA JUGA
Siapkan Mental! Game-Game Horor Ini Rilis di Tahun 2018

Nah dibawah ini ada beberapa video game keren yang telah berhasil dibobol dalam waktu yang singkat setelah perilisannya di tahun 2017 lalu. Apa saja game-nya? Yuk kita simak!

FIFA 18

Sistem Keamanan Denuvo Pada Game-Game Ini Dibobol Dengan Mudah!

Siapa sih yang tidak kenal dengan salah satu franchise FIFA yang dikeluarkan oleh EA ini? Apalagi untuk kamu yang memang gemar memainkan simulasi sepak bola.

Tahukah kamu, beberapa jam setelah FIFA 18 dirilis, sekelompok peretas bernama STEAMPUNKS langsung bisa membobol game tersebut meskipun FIFA 18 sudah dibekali keamanan oleh Denuvo.

Hal tersebut menjadi sejarah baru di dunia game sepak bola karena biasanya franchise game sepak bola sangat sulit dibobol. Tapi untuk kedepannya, EA harus memperkuat keamanan untuk game-game terbarunya nanti.

Sonic Mania

Sistem Keamanan Denuvo Pada Game-Game Ini Dibobol Dengan Mudah!

Video game jadul yang ada di konsol Sega ini dan dihidupkan kembali untuk PC dan Playstation menjadi salah satu korban game keren yang dibobol oleh para peretas bernama CPY.

Hanya dalam waktu yang relatif singkat, game Sonic Mania yang juga menggunakan Denuvo justru malah bisa dibobol oleh peretas asal Italia tersebut. Sonic Mania memang mejadi video game klasik yang berhasil dihidupkan dan memberikan kenangan bagi gamer yang pernah mencicipinya tahun 1990an lalu.

Dengan grafis 2D yang lebih baik dan stage yang lebih menantang, Sonic Mania menjadi salah satu video game terbaik yang pernah dirilis oleh Sega.

Total War: Warhammer 2

Sistem Keamanan Denuvo Pada Game-Game Ini Dibobol Dengan Mudah!

Menjadi video game dengan genre real-time strategy yang menggunakan elemen massive battle bernama Total War: Warhammer 2 ini juga menjadi salah satu game keren yang menggunakan Denuvo.

Tapi dalam kurun waktu kurang dari 24 jam, kelompok peretas bernama STEAMPUNKS berhasil membobol sistem keamanan yang sudah dipasang pada game tersebut. Wah gila ya.

Tekken 7

Sistem Keamanan Denuvo Pada Game-Game Ini Dibobol Dengan Mudah!

Tadi sudah ada nama CPY dan STEAMPUNKS sebagai peretas game-game sebelumnya, nah kali ini ada kelompok peretas bernama Baldman yang berasal dari Rusia.

Mereka berhasil membongkar keamanan Denuvo yang ada di game Tekken 7 dalam kurun waktu 4 hari. Bandai Namco membuat Tekken 7 hanya bisa dimainkan online, sampai akhirnya Baldman unjuk gigi dan berhasil nge-crack game tersebut.

Tekken 7 bisa dimainkan dalam kondisi offline karena Baldman padahal Tekken 7 adalah seri Tekken pertama yang dirilis secara resmi oleh Bandai Namco untuk PC via Steam, sayang banget ya.

Resident Evil VII: Biohazard

Sistem Keamanan Denuvo Pada Game-Game Ini Dibobol Dengan Mudah!

Capcom merilis Resident Evil VII: Biohazard pada awal tahun 2017 lalu untuk konsol PS4, Xbox One, dan PC. Tapi sangat disayangkan, lagi-lagi peretas berhasil membobol sistem keamanan Denuvo.

Enam hari setelah rilis, CPY berhasil membobol game Resident Evil VII: Biohazard dengan membuat “crack” yang disebarnya ke Internet. Dan dalam waktu yang singkat, Resident Evil VII: Biohazard menjadi game PC bajakan yang sudah bisa dimainkan oleh siapapun tanpa harus membeli game-nya.

BACA JUGA
5 Game Ini Memberikan Hukuman Menyeramkan Kepada Cheaters

Sayang sekali rasanya kalau game-game keren masih ada saja yang meretasnya. Kedepannya jika kejadian seperti ini terus terulang, apakan para publisher game akan kapok untuk merilis game-game terbaru di PC? Menurutmu bagaimana?

Video Pilihan

(Player 1)

Eat - Sleep - Game - Repeat