YouTube Messenger! Bisa Chatting Dalam Aplikasi!

chatting di youtube

Ahem, mungkin tidak tepat seperti itu. Ya memang YouTube merilis fitur baru, yaitu cara berbagi lain di dalam aplikasi. Tapi memang bentuknya seperti aplikasi chatting.

Selama ini, yang sering kita lakukan saat berbagi video menarik ke teman-teman adalah mengirimnya ke media sosial atau melalui aplikasi chatting. Yang disebut terakhir mungkin lebih sering kita gunakan.

Demikianlah sekarang YouTube punya fitur chatting di dalam aplikasinya. Sehingga, dengan fitur ini, kita bisa langsung mengirim video ke teman dan membahasnya tanpa meninggalkan aplikasi YouTube.

Not only can you share and receive videos in the app, you can also chat about them right on YouTube, reply with another video, invite others to the conversation, and more. We think it’ll make sharing easier, faster and more fun on your phone.

~ Blog YouTube

tampilan fitur chatting youtube

Kalau kamu buka aplikasi YouTube, kamu akan melihat tombol tab Shared di antara tab Home, Trending, Subscription, dan Library. Lalu ketika kamu menonton video dan menekan tombol Share, akan muncul daftar kontak di atas daftar aplikasi.

Tapi kontak yang kamu kirimi itu tidak serta merta akan menerima di dalam aplikasi YouTube-nya. YouTube akan mengirim undangan terlebih dahulu. Kalau temanmu menerima, baru kalian bisa melihat video bersama dan membahasnya.

Selebihnya, baik tampilan maupun percakapan berjalan seperti aplikasi chatting lain. Ada daftar percakapan, ada grup, ada like, dll.

Yaaa…. kita tahu kalau aplikasi chatting saat ini sangat populer. Bahkan boleh dibilang sudah jadi media sosial baru.

Hampir semua platform besar punya aplikasi chatting sendiri. Facebook dengan Messenger (Instagram juga punya Direct), Apple dengan iMessage, atau Microsoft dengan Skype (juga GroupMe dan Team). Di samping itu masih ada platform chatting lain seperti WhatsApp (yang juga punya Facebook), Telegram, Line, WeChat, Kakao, dll.

Google sendiri punya beberapa. Ada Hangout dan Allo. Yah, sekarang bertambah dengan YouTube Share ini.

Entah bagaimana, Google sepertinya galau dengan aplikasi chatting dan media sosial. Begitu banyak produk mereka rilis, tapi banyak juga yang — yah, boleh dibilang — gagal. Google Buzz, Google Wave, termasuk juga Google Plus. Yang terakhir masih ada, tapi gaungnya kurang kencang.

Fitur baru YouTube ini menjadi usaha Google terbaru. Hadir menyelinap di media sosialnya yang paling populer, dan berusaha merebut perhatian.

Apakah berhasil? Tentu saja kita belum tahu.

Kira-kira, apa kamu akan berbagi video di aplikasi YouTube dan menggunakan fungsi chatting-nya? Atau tetap akan mengirimnya ke aplikasi chatting lain?


ARTIKEL TERKAIT


0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *