Internet Tutorial

Cara Upload Video 360 di YouTube

cara upload video 360 di youtube

Bagaimana cara upload video 360 di YouTube? mungkin sebagian dari kalian sampai saat ini masih belum bisa mengunggah video 360 di kanal video milik Google tersebut. Yup, dibutuhkan sebuah trik khusus agar bisa membuat video 360 kalian bisa tayang di YouTube dengan baik. Jangan khawatir, untuk melakukannya tidak butuh hal sulit kok.

Apa sudah banyak video 360 yang ada di YouTube? jika berbicara perbandingan, mungkin jumlah dari video tersebut masih sedikit. Video 360 memang tampak rumit jika harus menggunakan 6 atau 12 kamera. Dibutuhkan keahlian khusus untuk bisa mengolah potongan-potongan video dan menjadikan satu.

Tapi dengan bermunculannya perangkat video 360 instan seperti LG 360 Cam, Ricoh Theta dan sejenisnya, kini membuat video 360 tidak terlalu sulit lagi.

Nah buat kalian yang berencana membuat video 360 dan ingin dipamerkan melalui kanal YouTube, inilah tutorial cara upload video 360 di YouTube.

Langkah pertama, pastikan kalian sudah memiliki video 360-nya. Pindahkan file video tersebut ke PC untuk menuju langkah selanjutnya.

Kedua, unduh aplikasi 360 metadata injector disini (Windows atau Mac). Aplikasi ini berfungsi untuk menambahkan metadata agar dikenali oleh YouTube sebagai video dengan format 360. Ekstrak hasil unduhan, dan klik dua kali file hasil ekstrak untuk menjalankannya. Kita tak perlu menginstall aplikasi ini kedalam PC.

cara-upload-video-360-di-youtube
aplikasi metadata injector

Ketiga, jika aplikasi sudah berjalan, klik open, dan pilih file video 360 yang akan di inject metadata-nya. Aplikasi akan mendeteksi dan jika berhasil, maka tanda centang akan muncul pada pilihan ‘My video is spherical (360)’. Abaikan pilihan lainnya, kemudian klik Inject metadata. Beri nama file, kemudian simpan.

simpan hasil inject metadata
simpan hasil inject metadata

Setelah ketiga proses tadi selesai, maka saatnya file yang sudah di inject metadata tadi di unggah ke YouTube seperti biasa.

Jika kalian masih ada yang belum jelas dari langkah-langkah di atas, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar.