Cara Screenshot Android Samsung Galaxy S9+

Bixby

Cara screenshot Android tentu sudah banyak orang tahu, namun ternyata ada beberapa trik untuk mengambil tangkapan layar pada beberapa tipe tertentu dsari ponsel Android. Kali ini saya akan memberikan tips sederhana bagaimana mengambil screenshot pada Samsung Galaxy S9+.

Ada beberapa cara screenshot Android pada ponsel flagship ini, yaitu menggunakan cara tradisional, mengusap tangan ke layar dan menggunakan asisten digital Bixby.

Cara tradisional

Sudah jelas, cara ini hampir bekerja untuk semua ponsel Android yang beredar di muka bumi. Caranya, cukup pencet tombol power dan tombol volume down secara bersamaan. Posisi tombol power dan tombol volume yang berseberangan membuat kita lebih enak saat mengambil screenshot. Bahkan bisa kita lakukan hanya dengan satu tangan saja.

Tombol power+tombol volume

Mengusap tangan

Untuk pengguna Samsung Galaxy S9+ (entah untuk pengguna Samsung lain, atau ponsel lain mungkin bisa menggunakan trik ini juga), mengambil screesnhot dengan bagian telapak seperti yang terlihat pada gambar di bawah. Kalian cukup menempelkan telapak tangan di bagian layar sebelah kanan dan mengusapnya ke arah kiri. Jika sudah terbiasa, cara ini akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan cara pertama.

cara screenshot hape android

Posisi tangan untuk melakukan screenshot

BACA JUGA
Ulasan Lengkap Samsung Galaxy S9+: Tak Banyak Celah

Menggunakan Bixby

Ini adalah cara yang sedikit futuristik dan sangat memanjakan pengguna. Asisten digital milik Samsung ini mampu mengambil screenshot jika diperintahkan oleh kita. Untuk memerintah Bixby agar mengambil screenshot, kita cukup bilang “Hey Bixby, take a screenshot”. Sederhana dan efisien.

Namun kekurangan menggunakan trik ini adalah, ponsel harus terkoneksi dengan internet, karen Bixby tidak bisa hidup tanpa adanya internet. Yah, mirip dengan mayoritas generasi millenial lah.

Long Screenshot

cara screenshot android

Pilih tangkap gulir

Bagaimana jika kita ingin mengambil screenshot pada sebuah laman web atau blog? apakah bisa dilakukan dengan mudah di Samsung Galaxy S9+? tentu saja! Kita tak perlu meng-install aplikasi khusus, cukup tekan tombol power dan tombol volume secara bersamaan, kemudian pilih ‘tangkap gulir’ di layar bagian bawah. Layar ponsel akan otomatis melakukan scroll kebawah (tentu saja kalian harus membuka sebuah web yang panjang, bukan hanya satu layar ponsel saja), kemudian pilih “tangkap gulir” lagi hingga sesuai keinginan atau layar sudah berhenti melakukan scroll otomatis.

Nah itulah beberapa trik cara mengambil screenshot Android Samsung Galaxy S9+. Mungkin saja kalian bisa mencobanya di varian Galaxy lain. Jika masih bingung, kalian bisa lihat video tutorialnya di bawah ini.

Ada komentar?