Internet Tutorial

Cara Menggunakan SMS di Skype Windows 10

menggunakan sms di skype

Menggunakan SMS di Skype sudah bisa dilakukan. Fitur yang disebut SMS relay ini hadir melalui update terakhir aplikasi Skype Preview (11.9.251.0). Harapan pengguna Windows agar Skype bisa lebih seperti aplikasi Message di ekosistem Apple semakin mendekati kenyataan.

Jadi, pengguna Windows Phone sudah bisa mengirim SMS, mengirim IM (instant messaging), melakukan voice call dan video call dalam satu aplikasi. Bahkan, sekarang Skype bisa menggantikan aplikasi Pesan (Message) sebagai aplikasi utama untuk SMS. Fitur SMS relay ini nantinya juga akan hadir di aplikasi Skype Android.

Kalau kamu menggunakan aplikasi Skype Preview dan sudah melakukan update, ketika membuka aplikasi tersebut kamu akan mendapat tawaran untuk memilih aplikasi utama SMS (seperti terlihat di gambar di bawah). Pilih ‘Skype as Default‘ untuk menggunakan SMS di Skype. Kalau masih ragu-ragu, pilih ‘Not now‘. Pengaturan bisa dilakukan lagi nanti.

pilihan sms di skype


Setting SMS di Skype di Windows Phone

Nah, kalau kamu ingin mengatur supaya Skype jadi aplikasi SMS utama, kamu bisa melakukannya dari aplikasi Skype atau dari pengaturan Windows Phone. Keduanya sama saja, karena akhirnya memang berujung di Pengaturan (Setting) Windows.

  1. Buka aplikasi Skype, dan tekan tombol menu .
  2. Pilih ‘Setting‘ di bagian bawah sidebar.
  3. Geser layar ke bawah sampai menemukan kategori SMS.
  4. Tekan ‘Change default SMS application
  5. Kita akan dibawa ke pengaturan aplikasi Pesan (Messaging) Windows Phone. Geser layar ke bawah, sampai menemukan kategori Default Apps.
  6. Tekan dropdown menu, dan pilih Skype Preview.

pengaturan sms di skype


Setting SMS di Skype Windows PC

Karena Skype Preview adalah aplikasi UWP, maka fitur tersebut juga hadir di PC. Untuk bisa mendapatkan SMS di Skype Windows PC, berikut langkah yang harus dilakukan.

  1. Buka aplikasi Skype Preview
  2. Pilih ‘Setting
  3. Pilih ‘Enable Skype on this device to sync my SMS messages‘ (Sinkronisasi SMS diaktifkan)

mengatur sms di skype pc


Ketika pilihan di atas dilakukan, SMS yang ada di aplikasi pesan akan hadir di dalam aplikasi Skype. Tapi saat ini, ketika artikel ditulis, kontak seseorang masih terpisah antara kontak Skype dan kontak handphone. Ini berbeda dengan percobaan fitur ‘Messaging Everywhere’ sebelumnya yang hadir di Anniversary Update (kemudian dibatalkan). Waktu itu, untuk satu kontak (yang sudah di-merge), akan ada pilihan apakah pesan mau dikirim melalui SMS atau Skype.

Tentu saja, perkembangan lebih jauh bisa diharapkan terjadi. Saya sendiri sedang mencoba pengalaman baru menggunakan SMS di Skype. Alih-alih aplikasi Pesan (Messaging), aplikasi Skype Preview lah yang saya pin di start screen.

Kalau memang perkembangannya seperti yang diharapkan–dengan kontak yang bisa digabung–Skype terbaru ini akan lebih nyaman daripada fitur ‘Messaging Anywhere’. Karena memang hanya menggunakan satu aplikasi. Integrasi Skype di aplikasi Pesan waktu itu tetap membutuhkan aplikasi Video Skype (yang membuat Skype tambah aneh).

Semoga saja kemampuan menggunakan SMS di Skype ini menjadi solusi yang elegan untuk aplikasi tersebut. Karena bagaimana pun, aplikasi yang multi-fungsi dan mudah digunakan akan memuaskan penggunanya, dan bisa memikat pengguna baru.