Cara Mengganti Keyboard Android dan iOS

cara mengganti keyboard android

Keyboard smartphone bawaan sistem operasi saat kini memang sudah canggih. Namun tetap saja kadang kurang memuaskan. Entah dari layout-nya, saran dan koreksi kata, atau hanya sekedar ingin menggunakan tema keyboard lain. Untuk itu kali ini kami ingin membahas sebuah tips dasar, cara mengganti keyboard Android dan keyboard iOS.

Sebelum melangkah lebih lanjut, perlu kiranya kami jelaskan bahwa keyboard bawaan biasanya sudah bisa mempelajari kebiasaan kita mengetik. Termasuk kata yang sering kita pakai, pola kalimat, dll. Hal ini juga terkait dengan bahasa apa yang kita gunakan di keyboard tersebut.

Cara mengganti keyboard Android

Harap perhatikan, yang tertulis di sini berdasarkan sistem operasi Android murni (stock Android) versi 6.0 Marshmallow, dan bermula dari keyboard bawaan (Gboard).

Unduh  dan instal terlebih dulu aplikasi keyboard alternatif yang ingin kamu gunakan. Bisa lihat di Play Store di kategori Tools > Sesuaikan Keyboard, atau cari dengan kata ‘keyboard’. Silakan coba coba satu aplikasi, lalu ikuti langkah di bawah ini (setelah mengetahui cara mengganti keyboard Android, akan lebih mudah mencoba aplikasi keyboard lain).


Baca juga: Aplikasi Keyboard Terbaik untuk Android dan iOS


Paling tidak ada dua cara mendasar untuk mengganti keyboard Android.

Melalui Setting

cara mengganti keyboard android di pengaturan

  1. Masuk ke Setting > Personal > Language & Input.
  2. Di halaman itu, cari kategori Keyboard & Input Methods.
  3. Di sana akan terlihat aplikasi keyboard yang sudah kamu unduh. Kamu bisa masuk ke pilihan aplikasi yang bersangkutan untuk mengaturnya sesuai kesukaanmu.
    Untuk memilih aplikasi tersebut jadi keyboard yang digunakan, masuk ke pilihan Current keyboard, dan pilih aplikasi yang sudah kamu unduh tadi.
    Ketika memilih keyboard, kemungkinan besar akan ada pop-up konfirmasi untuk ijin mengakses data tertentu. Biasanya berhubungan dengan bagaimana kita menggunakan keyboard tersebut.
  4. Keyboard sudah berganti.

Melalui Keyboard

mengganti keyboard android langsung dari keyboard

  1. Buka keyboard dengan mengetik di salah satu aplikasi (di browser juga boleh).
  2. Tekan lama tombol spasi atau tekan tombol keyboard ⌨ di bilah navigasi.
  3. Pilih aplikasi keyboard yang sudah kamu unduh tadi (Langkah ini sama seperti melalui Setting).
  4. Keyboard sudah berganti.

Kalau kamu sudah memahami cara mengganti keyboard Android, silakan mencoba-coba aplikasi keyboard lain yang ada di Play Store.

Harap diingat, aplikasi keyboard pihak ketiga bisa memiliki tampilan dan posisi tombol yang berbeda dengan keyboard bawaan (Gboard). Begitu pun dengan dukungan bahasanya. Sekedar catatan, saya menggunakan tiga bahasa di keyboard: Indonesia, Jawa, dan Inggris.


Baca juga: Tema Keyboard Swiftkey Android dan iOS Sekarang Gratis


Cara mengganti keyboard iOS

Unduh dan instal dulu aplikasi keyboard iOS pilihanmu. Setelah itu, untuk menambah keyboard baru ke perangkat, masuk ke Settings > General > Keyboard > Keyboards > Add a New Keyboard. Lalu pilih aplikasi yang sudah kamu unduh tadi dari daftar aplikasi keyboard pihak ketiga.

cara mengganti keyboard ios 10

Untuk mengganti keyboard iOS,

  1. Buka keyboard dengan mengetik di salah satu aplikasi (di browser juga boleh).
  2. Tekan lama tombol wilayah ????.
  3. Pilih aplikasi keyboard yang sudah kamu unduh tadi.
  4. Keyboard sudah berganti.

Kamu juga bisa mengatur urutan keyboard di koleksimu. Melalui Settings > General > Keyboard > Keyboards > Edit, geser keyboard bersangkutan (paling atas adalah keyboard utama yang digunakan), dan simpan.

Harap diperhatikan, Apple mengingatkan bahwa kadang aplikasi keyboard pihak ketiga tidak muncul saat digunakan:

  1. Jika pengembang aplikasi tertentu tidak mengijinkan penggunaan keyboard pihak ketiga.
  2. Jika mengetik di bidang teks aman (seperti password).
  3. Jika menggunakan panel angka, bukan keyboard tombol teks.

Dalam kasus seperti itu, keyboard bawaan akan muncul dan digunakan sampai proses mengetik itu selesai.


Baca juga: Daftar Lengkap Shortcuts Keyboard Windows 10


Sekali lagi harap diingat, aplikasi keyboard pihak ketiga juga akan merekam data bagaimana kita menggunakan tombol-tombol keyboard tersebut, kalau kita ijinkan (sama seperti keyboard bawaan). Biasanya, hal ini dibutuhkan untuk mempelajari bagaimana kita menggunakan keyboard, dan nantinya akan meningkatkan mutu saran kata atau koreksi kata yang muncul. Tapi kalau kamu kurang merasa nyaman dengan hal itu, ya gunakan yang paling sesuai hati nurani. 😀

Demikianlah tips dasar atau tutorial pemula untuk cara mengganti keyboard Android dan iOS. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.