Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Dengan Wondershare Data Recovery

data recovery

Tutorial cara mengembalikan data yang terhapus kali ini akan menggunakan software Wondershare Data Recovery dari Wondershare. Software ini dibuat oleh perusahaan yang juga membuat software editor video populer Filmora. Selain versi Windows, kalian bisa menggunakan Wondershare Data Recovery for Mac bagi pengguna laptop buatan Apple.

Software ini bisa mengembalikan data yang terhapus dari berbagai jenis file, seperti foto, MP3/audio, video, dokumen Office, email dan berbagai jenis file lainnya. Singkatnya, hampir semua jenis file bisa diselamatkan menggunakan software ini. Menariknya software mengembalikan file yang telah hilang di Recylce Bin ini juga bisa atau Trash jika di Mac.

Software ini memiliki dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Keduanya memiliki fitur yang sama, yang membedakan adalah jumlah data yang bisa di kembalikan. Versi gratis hanya bisa mengembalikan data sebesar 100 MB saja, sedangkan untuk versi berbayar, kita bisa mengembalikan data yang terhapus tak terbatas.

Fitur Wondershare Data Recovery

Ini adalah fitur-fitur utama yang ada pada software Wondershare Data Recovery:

  • Mendukung lebih dari 550+ format file.
  • 3 Mode Recovery.
  • Dukungan recovery data dari recycle bin, hard drive, memory card, flash drive, digital camera dan camcoders.
  • Preview sebelum memutuskan untuk melakukan recover.
  • Dukungan terhadap OS Windows 10/8/7/XP/Vista, Mac OS X (Mac OS X 10.6, 10.7 dan 10.8, 10.9, 10.10 Yosemite) untuk iMac, MacBook, Mac Pro dll.

Cara mengembalikan data yang terhapus

Oke kembali ke tema utama. Cara mengembalikan data yang terhapus menggunakan Wondershare Data Recovery cukup mudah. Software ini memiliki tampilan antar muka yang mudah dipahami. Saat pertama kali masuk, kita akan melihat jenis file yang ingin di kembalikan datanya. Pilih salah satu kemudian klik ‘Next’.

Cara mengembalikan data yang terhapus (2)

Pilih jenis file

Setelah itu, pilih partisi dimana file tersebut hilang. Selain partisi hardisk dan folder Recycle Bin, Wondershare Data Recovery juga bisa mengembalikan data yang hilang dari USB flash drive atau flashdisk. Jika kalian tidak ingat dimana menaruh file yang terhapus, kalian bisa memilih pilihan ‘I can’t find my partition’. Pilihan ini akan memerintahkan software untuk memeriksa semua partisi di PC dan tentu akan memakan waktu yang lebih lama.

JIka sudah menentukan pilihan, klik ‘Next’.

Pilih partisi


Baca juga: Review Hardisk Seagate FireCuda 2TB


Kita akan menemukan dua pilihan, yaitu ‘Enable Deep Scan’ dan ‘Enable Raw File Recovery’. Tidak perlu bingung, jika kalian ingin mengembalikan file selain foto, maka pilihlah pilihan pertama. Begitu juga sebaliknya. Klik ‘Start’ untuk melanjutkan.

Software akan mulai melakukan scanning pada partisi terpilih. Lama dari proses ini tergantung dari banyaknya file dan jumlah partisi yang kalian pilih. Di tahap ini, kalian bisa menggunakan PC untuk aktivitas lainnya. Tidak disarankan untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan mengubah data file.

Proses scanning partisi

Setelah selesai, kita akan melihat daftar file yang telah terhapus. Pilih file mana yang ingin kalian kembalikan, kemudian klik tombol ‘Recover’. Cukup mudah kan?

Itulah cara mengembalikan data yang terhapus dengan software Wondershare Data Recovery. Kalian bisa langsung mengunjungi laman resminya untuk download dan mencoba software ini.

Blogger, Digital Nomad