Cara Mencari Product Key Windows 10

product key windows 10 input

Product key Windows 10 merupakan kumpulan 25 kode digit unik yang digunakan untuk melakukan aktivasi Windows 10 kalian. Selain itu, product key juga digunakan untuk membedakan PC satu dengan yang lain. Biasanya, kode digit ini hanya bisa digunakan dalam satu PC saja. Namun bisa saja dengan beberapa pengecualian, satu product key bisa digunakan di beberapa PC.

Jika kalian membeli Windows 10 dengan cakram fisik, pasti pernah melihat deretan nomor yang ada di kotak pembelian atau stiker di cakram fisik. Bagimana jika, kotak pembelian Windows 10 hilang? bagaimana cara melihat product key Windows 10 nya lagi?

Untuk permasalahan pertama, caranya cukup gampang, pilih tombol search yang ada di desktop bar (sebelah tombol Start), kemudian ketikkan Activation. Nah setelah menu Activation tampil, kalian bisa melihat deretan kode angka pada keterangan product key. Disitulah letaknya.

activation page

Nah bagaimana jika, Windows 10 yang kita gunakan saat ini adalah hasil update gratis dari Windows 8.1 atau Windows 7? Untuk mengetahui product key Windows 10 dengan cara di atas tentu tidak bisa dilakukan. Karena jika Windows 10 yang kita gunakan dari promo update gratis Microsoft, maka pada keterangan product key akan tertulis ‘Windows 10 on this device is activated with a digital entitlement’. Namun jangan khawatir, dengan bantuan software gratis bernama KeyFinder, maka permasalahan akan teratasi.

Pertama, pastikan kalian unduh program KeyFinder di laman resminya (klik disini). Kedua, install program tersebut, dan tunggu sampai selesai. Instalasi seharusnya tidak memakan waktu lama, pengalaman saya, tidak lebih dari 5 menit agar program ini terpasang di laptop. Setelah selesai, jalankan program tersebut dan, voila! product key Windows 10 kalian sudah terlihat.

hasil product key windows 10 dari keyfinder

Langkah selanjutnya adalah, simpan data tersebut. Pilih File -> Save As. Simpan di OneDrive agar kita bisa mengaksesnya tanpa takut bahwa suatu saat PC yang kita gunakan tiba-tiba bermasalah atau kalian ingin melakukan hard reset.

Gampang kan, selamat mencoba!

Ada komentar?