Tutorial Windows

Cara Mematikan Auto Update Driver Windows 10

Windows 10 memiliki fitur yang memudahkan penggunanya untuk mendapatkan auto update Windows 10. Kelebihan dari fitur ini adalah, sebagai pengguna, kita akan terus merasa aman karena akan selalu mendapatkan update terbaru dari sistem, terlebih untuk Windows Defender. Kita akan aman karena terlindung dari serangan virus atau malware yang ada di internet.

Kekurangannya, fitur auto update Windows 10 ini bukan hanya memperbarui Windows Defender atau sistem Windows 10 saja, tapi juga memperbarui secara otomatis driver dari mesin yang menjalankan sistem operasi tersebut. Tentu saja, driver yang diberikan oleh Windows terkadang tidak berjalan dengan baik seperti yang dibuat oleh pengembangnya. Beberapa contoh adalah driver VGA dan sensor sidik jari untuk merek-merek tertentu.

Bagaimana jika kita tetap ingin menjalankan update otomatis agar OS tetap aman, namun di lain sisi kita tidak ingin Windows 10 melakukan auto update driver? Untungnya, dengan sedikit tweak, kita bisa mematikan auto update driver Windows 10.

Bagaimana caranya?

Langkah pertama adalah, masuk ke Windows Registry Editor atau yang lebih dikenal dengan regedit. Bagi yang masih awam, untuk masuk ke regedit adalah, klik tombol search pada taskbar di Windows, kemudian ketikkan ‘regedit’ (tanpa spasi).

Setelah itu, copy dan paste HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\DriverSearching di bar regedit (lihat gambar). Kemudian, klik dua kali file SearchOrderConfig dan ubah nilai pada Value data memnjadi 0. Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah, klik OK dan restart PC.


Baca juga: Bagaimana Memilih Aplikasi Terbaik dari Bursa


Tidak terlalu sulit bukan? selamat mencoba dan seperti biasa, resiko ditanggung sendiri.