Cara Melakukan Video Call di WhatsApp

whatsapp for windows phone

Kita sudah bisa melakukan video call di WhatsApp. Pada tanggal 14 November lalu, WhatsApp mengumumkan hal tersebut di blog resminya. Hal ini merupakan langkah mutakhir dari WhatsApp untuk bisa bersaing dengan aplikasi chatting lain, seperti Skype dan Line.

WhatsApp menyebutkan bahwa fitur ini merupakan salah satu yang paling banyak diminta oleh penggunanya. Akhirnya, mereka mengabulkan permintaan tersebut.


BACA: 4 Alasan Kenapa WhatsApp Call Bisa Menggantikan Panggilan Telepon Biasa


Sangat wajar, karena pengguna WhatsApp sangat banyak (lebih dari satu milyar pengguna!). Lagipula, menambah fitur adalah keharusan supaya aplikasi terus tumbuh secara dinamis mengikuti perkembangan jaman.

Untuk bisa menggunakan video call di WhatsApp, kamu harus melakukan update aplikasi tersebut ke versi terbaru. Yang agak lucu, fitur video call ini “agak tersembunyi” (kecuali iOS). Sekilas, alau kita lihat tampilannya, kita tidak akan menyadari bahwa sudah ada fitur tersebut.

melakukan video call di whatsapp

Cara melakukan video call di WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Buka percakapan dengan orang yang mau kamu hubungi.
  3. Masing-masing platform punya pendekatan berbeda:
    • Android — Tekan tombol panggilan ( ) di pojok kanan atas. Akan muncul pilihan untuk melakukan ‘Voice Call‘ atau ‘Video Call‘. Pilih ‘Video Call‘.
    • iOS — Tekan tombol video call ( ) di pojok kanan atas.
    • Windows Phone — Tekan tombol panggilan ( ) di pojok kanan atas. Akan muncul pilihan untuk melakukan ‘Voice Call‘ atau ‘Video Call‘. Pilih ‘Video Call‘.

‘Video Call‘ juga bisa diakses melalui halaman Panggilan (Call). Lihat tombol ‘Video Call‘ ( ) di sebelah tombol ‘Voice Call‘ ( ).

Selain itu, tombol ‘Video Call‘ (  ) juga bisa diakses melalui profil kontak yang bersangkutan.


BACA: Bagaimana Mengutip Pesan WhatsApp


Menurut saya, sebagai pengguna Windows Phone, cara melakukan video call di WhatsApp ini agak kurang bersahabat. Karena pengguna tidak bisa langsung melihat fungsi tersebut. Lebih mudah pendekatan ala iOS yang langsung terlihat. Semoga ada update yang lebih baru.

Seperti Line, video call di WhatsApp masih belum bisa dilakukan untuk grup. Skype adalah salah satu aplikasi lintas platform yang bisa digunakan untuk video call beramai-ramai. Belum tahu apakah fitur video call untuk grup akan hadir atau tidak.

Nah, apakah kalian sudah update ke WhatsApp terbaru? Apakah sudah mencoba melakukan video call? Bagaimana menurut kalian dibanding dengan aplikasi chatting lain? Apakah WhatsApp akan tetap menjadi aplikasi chatting yang paling banyak digunakan?

Silakan berbagi pengalaman di kolom komentar di bawah. Silakan juga koreksi saya kalau ada informasi yang kurang tepat.

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.