Canva: Layanan Edit Gambar Online yang Keren

Aplikasi edit gambar untuk Instagram dan media sosial lain memang seperti sebuah keharusan saat ini. Ditambah dengan caption keren atau kata-kata lucu, foto itu bisa menjadi kekuatan tersendiri. Apalagi kalau kamu berurusan dengan konten media sosial, alias sebagai content creator.

Kali ini kami membahas Canva, sebuah layanan desain online untuk konten kreatif. Memang sebelum ini kami sudah pernah membahas kompilasi layanan edit foto online. Bedanya, Canva tidak fokus ke fitur edit foto secara detil, tapi lebih mendekati unsur desain–seperti layout, font, dll–yang mempermudah kita membuat gambar Instagram, Facebook, atau media sosial sejenis. Bahkan, ada juga template untuk keperluan lainnya.

Canva menyediakan berbagai fitur untuk keperluan membuat konten kreatif. Ada berbagai template format gambar. Mulai dari berbagai kiriman media sosial, dokumen, presentasi, ebook, materi pemasaran, sampai membuat ukuran kita sendiri. Hal ini mempermudah kamu yang tidak punya Photoshop, atau kurang mengerti standar ukuran yang berlaku, atau ingin agar gambar lebih bagus dengan mudah.

Canva juga menawarkan berbagai desain siap pakai (pre-designed) untuk masing-masing format gambar. Kita bisa memilih layout, elemen desain (membuat grid, bingkai, ilustrasi, bagan, dll), teks (template gabungan font), atau gambar latar belakang. Koleksinya cukup banyak. Mungkin juga kamu jadi bingung memilih. 😀

template gambar media sosial

Namun sebenarnya tidak perlu kuatir juga. Tampilan Canva tidak rumit. Mudah digunakan. Bahkan kalau kita tidak mau menggunakan template dan ingin mengunggah foto milik kita sendiri.


BACA JUGA


Di bagian kiri (sidebar), berturut-turut berisi peralatan edit gambar beserta pilihannya masing-masing. Di bagian kanan (bidang yang lebih besar) adalah bidang gambar untuk edit, dengan peralatan edit yang muncul ketika salah satu elemen gambar dipilih. Bagian atas merupakan fungsi berbagi atau mengunduh. Jadi cukup sederhana.

Saya memang sudah terbiasa menggunakan Photoshop. Tapi ketika saya mencoba Canva untuk membuat gambar Instagram, saya cukup puas dengan hasilnya. Saya menemukan kalau ada beberapa fitur ‘tenggelam’ di balik peralatan edit gambar. Misalnya untuk membuat gambar latar belakang jadi blur, kita harus memilih foto tersebut, klik ‘Filter’, klik ‘Opsi lanjutan’, barulah kita akan menemukan fitur edit foto yang lebih lengkap, termasuk blur.

edit gambar kata kata

Yang menarik, ketika kita ingin mengunduh gambar hasil edit, kita bisa memilih beberapa jenis file. Bisa PNG, JPG, PDF (standar), atau PDF (cetak). Kalau kamu membuat gambar Instagram atau Facebook, ya bisa memilih PNG atau JPG.

Canva bisa digunakan secara gratis. Baik perseorangan, atau bahkan sampai 10 orang dalam satu tim. Kita juga bisa mengatur elemen pencitraan (branding) untuk tim kita. Namun, untuk beberapa fitur profesional, kita harus menggunakan dan berlangganan Canva for Work (bulanan: $12,95/bulan/anggota atau tahunan: $9,95/bulan/anggota).

Secara keseluruhan, layanan Canva baik untuk digunakan. Kalau kamu memang sering berurusan dengan gambar Instagram, atau media sosial lain, layanan ini bisa menjadi solusi cerdas. Canva merupakan layanan desain online yang bisa diakses dengan browser, atau bisa digunakan secara gratis di iPhone (Canva for iPhone) dan iPad (Canva for iPad).

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.