Cake Browser: Cara Unik Menelusuri Internet Di Handphone

cake browser

Kita menggunakan teknologi browser sudah lama. Cukup lama sampai kita terbiasa dengan penampilan dan cara menggunakan browser. Tapi ada aplikasi browser handphone yang memberi cara berbeda untuk menelusuri internet.

Cake browser adalah sebuah browser yang dibuat khusus untuk pengguna handphone. Mereka berpendapat bahwa menggunakan browser di handphone berbeda dengan di komputer. Browser yang ada di handphone saat ini disebut hanya merupakan versi kecil dari browser komputer.

Fokus Pada Hasil Pencarian Lebih Baik

Ketika mencoba browser ini, saya melihat kalau penampilannya memang berbeda. Desainnya sendiri menarik dan keren. Ahem, kamu bisa melihat pengaruh desain iOS generasi baru di sini.

Cake browser menampilkan sebuah halaman dengan kotak pencari yang tidak terlalu kentara. Kotak pencari itu juga berfungsi sebagai tempat alamat website. Di bagian bawah, terdapat pilihan kategori pencarian. Apakah kamu mencari video, gambar, pencarian umum, berita, atau produk (belanja).

penampilan cake browser dirancang sebagai browser handphone

Penampilan Aplikasi Cake browser

Perbedaan paling menonjol dibanding browser lain adalah hasil pencarian. Browser biasa akan menunjukkan hasil pencarian sesuai halaman website mesin pencari. Hasilnya akan muncul berupa daftar banyak website.

Cake browser menunjukkan hasil pencarian secara paralel. Halaman utama langsung menunjukkan konten yang paling dekat dan paling cepat. Untuk melihat hasil lain, kamu tinggal geser (dari pinggir) halaman ke kiri. Seperti tab dengan kontrol swipe. Ingin melihat hasil pencarian seperti browser biasa? Geser dari kiri ke kanan.

Cake browser juga punya fitur lain seperti aplikasi browser biasa. Misalnya bookmark, history, multi tab, share page, privacy mode, dll. Kamu juga bisa mengatur perilaku browser ini. Seperti pilihan mesin pencari baik untuk konten umum, video, gambar, berita dan belanja.

Secara umum, Cake browser menjanjikan sesuatu yang baru dan menarik. Tapi apakah sesuai dengan kebiasaan kita? Atau bisakah browser ini mengubah cara menggunakan browser di handphone?

hasil pencarian di cake browser

Hasil pencarian di Cake browser

Beberapa Hal Soal Browser Handphone

Ya, Cake browser memang punya desain keren. Tapi ada beberapa hal yang mengganggu saya.

Pertama, kotak alamat di atas (header) berukuran cukup besar. Sementara di bagian bawah masih ada kotak navigasi lain. Memang, ketika kita menggeser halaman web, header mengecil dan kotak navigasi hilang dari layar.

Mungkin saya sudah terlalu biasa menggunakan Chrome dengan address bar di bawah. Bahkan ketika membaca artikel di website, address bar itu hilang dari layar. Jadi kalau dibandingkan, saat ini saya merasa konten website di Cake browser tampak lebih sempit.

Yang kedua adalah masalah gestur. Gestur menggeser halaman web untuk melihat berbagai hasil pencarian memang menarik. Tapi sayangnya ketika masuk ke halaman website itu sendiri, fungsi gestur jadi kurang berfungsi.

Tadinya saya membayangkan akan ada gestur menggeser halaman dari kiri ke kanan untuk kembali ke halaman sebelumnya (Ralat: Ada gestur swipe untuk back). Lalu gestur geser dari atas ke bawah untuk memuat ulang (refresh) halaman web. Supaya obyektif, fungsi gestur di browser kadang bisa berbenturan dengan fitur di aplikasi web. Jadi ya, mungkin bisa dimaklumi.

halaman web dan tab cake browser

Halaman web dan tab Cake browser

Yang ketiga adalah masalah performa. Memuat daftar hasil pencarian seperti aplikasi browser handphone biasa rasanya lebih cepat dari melihat halaman website langsung seperti di Cake browser. Apalagi kalau koneksimu terhitung lambat.

Lalu saya pikir, dengan melihat daftar hasil pencarian, kita bisa memilih terlebih dulu mau melihat website apa. Karena belum tentu apa yang muncul pertama benar-benar memberikan apa yang kita cari.

Yang terakhir, Cake browser masih memiliki target untuk pengguna (terutama) di Amerika. Sangat wajar dan bisa dimaklumi. Hal ini menyebabkan kita belum bisa memilih beberapa hal lokal. Misalnya memilih sumber website belanja online.

Ketika menulis artikel ini, saya mengganti aplikasi default untuk aplikasi browser handphone dari Chrome ke Cake. Harus saya akui, kebiasaan menggubakan browser di handphone memang susah berubah. Tapi Cake browser memberi pengalaman yang menarik.

Kalau kamu juga mau mencoba browser handphone unik ini, silakan unduh dari link di bawah. Cake browser tersedia untuk Android dan iPhone.

Download (Android)

Download (iOS)

Ada komentar?