Koleksi Pilihan Panduan

Buku yang Layak Dibaca di Tahun 2017

quote buku populer

Saya akui, menyusun daftar buku yang layak dibaca tidaklah semudah film. Pengarang populer tidak selalu produktif (selain Stephen King), dan tidak selalu tepat waktu (halo, George R. R. Martin!). Mood membaca juga tidak seperti menonton film.

Selain itu, industri buku memang tidak secepat industri film yang rajin memberikan promosi. Jadi informasi tentang buku bagus yang akan datang, tidak segera muncul di permukaan. Apalagi, versi terjemahan juga tidak hadir bersamaan dengan versi asli. Jadi, memang cukup repot menunggu buku bagus yang wajib dibaca.

Bagaimanapun, saya — sebagai orang yang mengaku suka baca — sering penasaran, buku apa sih yang kira-kira menarik dibaca nanti.


Baca juga: Film yang Layak Ditunggu Tahun 2017


Norse Mythology

norse mythology by neil gaiman

Buku ini ditulis oleh Neil Gaiman. Bagi penggemar buku dan komik, Neil Gaiman sudah dikenal memiliki nama besar. Beberapa Karyanya seperti Sandman, American Gods, Coraline, the Ocean at the End of the Lane, dll merupakan buku wajib.

Seperti judulnya, Norse Mythology bercerita tentang mitologi Norwegia. Ingat tokoh Thor, Loki, dan Odin dari Marvel? Nah, itulah dewa-dewa mitologi Norwegia. Neil Gaiman bercerita tentang awal mula terbentuknya sembilan dunia (Asgard, Midgard, dll), bagaimana palu Mjolnir milik Thor hilang, sampai Ragnarok, puncak pertempuran para dewa.

LIHAT DI SINI


Caraval

Caraval by Stephanie Garber

Buku ini merupakan karya Stephanie Garber. Penulis ini mungkin belum memiliki nama besar di jagat buku. Tapi toh bukan berarti karya awal penulis tidak bagus. The Devil Wears Prada, The Secret Life of Bees, dan — tentunya — Harry Potter and the Philosopher’s Stone merupakan buku debut yang terkenal.

Caraval bercerita tentang dua kakak beradik Scarlett dan Tella. Mereka tidak pernah meninggalkan tempat tinggal mereka, dan menantikan Caraval yang datang tiap tahun. Tanpa diduga, Tella diculik oleh pemimpin Caraval. Siapa yang bisa menemukannya akan jadi pemenang. Scarlett harus menemukannya sebelum terlambat.

LIHAT DI SINI


Origin

Origin by Dan Brown

Masih tertarik dengan petualangan Robert Langdon karya Dan Brown? Kalau iya, jangan kuatir. Robert Langdon hadir kembali dalam petualangan kelimanya yang berjudul Origin.

Di Origin, Robert Langdon kembali mengurai misteri yang berkaitan dengan sejarah, agama, ilmu pengetahuan, juga kode-kode dan simbol. Kali ini ia berhadapan dengan pertanyaan mendasar soal manusia, dan penemuan yang luar biasa.

Memang, resep seperti ini mungkin terkesan itu-itu saja. Bagaimanapun harus diakui bahwa Dan Brown memang jago bercerita.

LIHAT DI SINI


Baca juga: 7 Film Adaptasi Buku Favorit


The Dark Prophecy

The Dark Prophecy, buku The Trials of Apollo kedua

Buku ini adalah buku kedua serial the Trials of Apollo karangan Rick Riordan. Buku ini merupakan bagian dari dunia mitologi Yunani Percy Jackson.

The Dark Prophecy melanjutkan perjalanan Apollo, sang dewa matahari dan puisi, yang dihukum Zeus jadi manusia biasa. Ia harus memulihkan beberapa Oracle yang terkena pengaruh jahat. Dalam petualangannya ini, Apollo (yang menggunakan nama Lester) ditemani oleh Leo Valdez dan Calypso.

Kalau kamu suka novel fantasi ringan untuk hiburan, buku ini layak dibaca.

LIHAT DI SINI


The End of Oz

The End of OZ (Dorothy Must Die #4)

Buku ini merupakan buku keempat dari serial Dorothy Must Die, karangan Danielle Paige. Serial ini menarik karena membawa dongeng klasik The Wonderful Wizard of Oz ke nuansa yang lebih gelap. Di sini, Dorothy (tokoh utama buku aslinya) menjadi jahat, dan Amy Gumm (tokoh baru) harus membunuhnya.

Di buku keempat ini, Amy Gumm yang sedang membangun Oz sadar kalau telah dikhianati. Ia harus menelusuri Yellow Brick Road untuk menuju wilayah Ev, untuk menyelesaikan semua masalah. Namun ternyata ia menemukan bahwa misi awalnya belumlah selesai.

LIHAT DI SINI


The Winds of Winter

the winds of winter by george r r martin

Buku ini merupakan buku keenam serial A Song of Ice and Fire (lebih dikenal dengan nama Game of Thrones) karya George R. R. Martin. Buku ini adalah buku yang paling saya tunggu.

Tentu saja, The Winds of Winter akan melanjutkan kisah perebutan tahta Westeros, dan bagaimana tokoh-tokohnya menghadapi musim dingin yang datang, beserta ancaman White Walkers.

Oke, memang belum tentu buku ini terbit di tahun 2017. Namun mengingat beberapa plot film seri Game of Thrones di season 6 lalu yang sudah melebihi bukunya (misalnya kebangkitan Jon Snow atau Daenerys Targaryen yang menuju Westeros), sangat wajar kalau buku ini terbit tahun 2017 (bersama serial TV season 7).

Di bulan Februari 2016, George R. R. Martin sendiri sudah mengatakan kalau ia menghentikan semua proyek (kecuali jadi editor Wild Cards) untuk menyelesaikan buku ini. Ia tidak akan menulis screenplay, cerita pendek, dll sebelum menyelesaikan The Winds of Winter. Walau begitu ia juga menyebutkan bahwa buku ini tidak mungkin selesai di awal tahun 2017.

Sebagai penggemar serial A Song of Ice and Fire, saya sungguh berharap buku The Winds of Winter bisa terbit tahun 2017 mendatang.


Baca juga: 4 Buku Pelengkap Game of Thrones


Itulah beberapa buku yang menurut saya — sejauh ini — layak ditunggu kehadirannya di tahun 2017. Kembali lagi, tidak mudah memprediksi buku bagus. Misalnya, buku The Girl on The Train atau All The Light We Cannot See, walau disebut buku bagus, baru benar-benar populer ketika dibuat filmnya. Untuk The Girl on The Train, saya sendiri menganggap buku itu tidak terlalu istimewa. Jadi ya kembali lagi, cukup sulit dan mungkin sangat subyektif.

Tapi boleh dong saya sedikit memprediksi. Kalau kalian punya referensi lain, tentu saja saya ingin tahu. Siapa tahu, justru buku referensi kalian yang memang bagus dan layak ditunggu. Bukankah begitu?