5 Browser Android Terbaik dan Populer

browser android

Kalau kamu lihat di Play Store, ada begitu banyak aplikasi browser Android yang bisa kamu pilih. Memang, browser merupakan aplikasi yang tidak bisa kita pisahkan dari kegiatan online. Apa kamu pernah mencoba berbagai browser itu?

Mungkin hanya sedikit yang pernah mencoba berbagai browser tersebut. Sebagian pasrah dengan browser bawaan, sebagian lain sudah punya browser andalan. Namun tidak ada salahnya melihat browser Android yang sering dianggap terbaik dan banyak dipakai.

1. Google Chrome

browser android google chrome

Google Chrome

Pada umumnya, Google Chrome menjadi browser bawaan di handphone Android. Tidak sedikit pula yang menganggapnya sebagai browser Android terbaik. Bagaimanapun, fitur yang ditawarkan memang terhitung lengkap.

Kamu bisa langsung mencari sesuatu atau menuju situs web dari kotak pencari / kotak alamat, kamu bisa segera melihat situs yang sering kamu kunjungi, dan kamu juga bisa melihat berbagai artikel terbaru dan populer dari berbagai situs. Google Chrome juga punya fitur Data Saver yang akan menghemat data dan mempercepat akses.

Kalau kamu menggunakan akun Google, kamu juga bisa mendapat sinkronisasi data dari browser Chrome di komputer. Mulai dari riwayat, bookmark, tab, username dan password, sampai saran pengisian otomatis. Hal ini sangat memudahkan. Sayangnya sekarang Chrome sudah tidak mengijinkan memindah address bar ke bawah.

Download (Android)

2. Mozilla Firefox

browser android mozilla firefox

Mozilla Firefox

Sempat meredup kepopulerannya, sekarang Mozilla Firefox kembali menjadi pilihan setelah versi Quantum dirilis. Cepat dan aman merupakan faktor pentingnya.

Dari halaman utama, kamu bisa melihat situs web yang sering kamu kunjungi, bookmark, dan riwayat. Kamu juga bisa melihat rekomendasi situs. Sama seperti Chrome, kalau kamu masuk dengan akun Firefox, kamu bisa melakukan sinkronisasi dari / ke browser desktop.

Salah satu yang membuat Firefox unik adalah ia ini tetap mendukung add-on di versi browser Android.

Download (Android)

3. Opera

browser android opera

Opera

Seperti kita ketahui, Opera juga merupakan browser ternama. Ia merilis beberapa browser di Play Store: Opera, Opera Mini, dan yang paling baru, Opera Touch.

Kami memilih Opera karena browser ini memiliki fitur lengkap dan fungsional. Selain itu, Opera Mini memiliki beberapa kendala dan Opera Touch masih belum memiliki fitur selengkap browser utama.

Halaman utama browser Opera menampilkan speed dial dan rekomendasi situs. Opera juga mendukung themes, night mode, juga data saving. Seperti dua browser di atas, Opera pun mendukung sinkronisasi dengan browser desktop.

Download (Android)

4. UC Browser

uc browser

UC Browser

Secara global, UC Browser mungkin kalah populer dibandingkan ketiga browser di atas. Namun di Indonesia, browser Android ini termasuk yang paling terkenal dan banyak dipakai.

Halaman utamanya menampilkan rekomendasi dari UC News untuk berita lebih aktual. Lalu, browser ini menawarkan akses ke situs web dan proses download yang cepat, data saving untuk video, dan mode khusus untuk Facebook.

Salah satu permasalahan dari browser ini adalah banyaknya keluhan iklan di Play Store.

Download (Android)

5. Samsung Internet Browser

samsung internet browser

Samsung Internet Browser

Ini menarik. Setelah Samsung merilis aplikasi browser Android miliknya untuk publik (semua handphone), ternyata dengan cepat berhasil mencuri perhatian.

Browser yang diberi nama Internet ini memiliki penampilan sederhana. Walau begitu dibaliknya terdapat fitur yang cukup banyak. Kamu bisa mengatur halaman utama, bisa menggunakan beberapa ekstensi, memilih night mode, download manager, dll. Bahkan juga mendukung Gear VR.

Download (Android)

Ada komentar?