Baca Ebook dengan Fiction Book Reader

ebook reader windows 10

Baca ebook di handphone atau komputer mungkin kegiatan yang tidak banyak dilakukan. Tapi saya ingin membagi pendapat saya tentang Fiction Book Reader. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi ebook reader favorit di Windows saat ini.

Di Windows, Fiction Book Reader bersaing kepopulerannya dengan Bookviser dan Freda. Saya sendiri sebelumnya menggunakan Freda. Namun akhir-akhir ini saya lebih banyak menggunakan Fiction Book Reader.

Aplikasi ebook reader ini memiliki banyak fitur seperti Freda. Tampilannya pun enak dilihat. Bahkan mungkin saat ini yang paling baik di antara Freda dan Bookviser. Hm, mungkin. 🙂

fiction book reader library

Ada baiknya kita lihat sekilas fitur apa saja yang dimilikinya.

  1. Impor ebook dari cloud (Dropbox dan OneDrive)
  2. Impor ebook dalam satu folder sekaligus (dari dalam perangkat)
  3. Impor ebook dari opds (Open Publication Distribution System)
  4. Menyusun daftar ebook berdasar tanggal, pengarang, genre, seri, atau kategori
  5. Sinkronisasi dengan Fiction Book Reader di perangkat lain
  6. Mengatur teks: font, ukuran, jarak antar baris (line height), dll
  7. Mengatur tema
  8. Mengatur halaman dan margin
  9. Mengatur cara membalik halaman
  10. Mengatur wilayah tap di halaman

Baca juga: 11 Aplikasi Windows 10 Mobile Andalan


Bagaimana dengan format ebook? Untuk ini saya mohon maaf. Saya belum mencoba berbagai macam format. Yang jelas, Fiction Book Reader bisa digunakan untuk membaca epub. Ketika saya coba mengimpor PDF, aplikasi ini tidak membaca file tersebut di explorer.

baca ebook fiction book reader

Anyway, sebagai epub reader, aplikasi ini menjalankan tugasnya dengan baik. Paling tidak, pengaturan halaman yang saya inginkan dengan mudah bisa didapat. Mengoperasikannya juga enak. Animasi untuk membalik halaman juga berjalan baik. Yah, sejauh yang saya gunakan.

Kebetulan, ebook yang saya baca juga rata-rata buku fiksi. Jadi format isinya pun tidak rumit. Kadang, ada yang baca ebook dengan format isi yang lebih rumit. Misalnya buku pegangan matematika atau fisika yang berisi rumus kompleks. Ada juga yang mungkin butuh untuk bisa menandai kalimat tertentu dan memberi catatan samping.

Fiction Book Reader kelihatannya memang ditujukan untuk membaca ebook fiksi tanpa isi yang rumit. Seperti namanya.

setting fiction book reader

Walau begitu, pengaturannya toh cukup lengkap. Seperti yang sudah disebut di atas, mulai dari mengatur teks, sampai mengatur animasi memganti halaman bisa dilakukan. Jadi, kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mata kita.

Oya, Fiction Book Reader ini merupakan aplikasi UWP. Jadi bisa digunakan baik di Windows 10 Mobile, maupun di Windows 10 PC. Aplikasi ini bisa dibeli seharga Rp37.200, dengan versi trial tersedia. Kalau kamu suka baca ebook, dan belum mencoba aplikasi ini, ya silakan.

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.