Menentukan Arah Kiblat Online Dengan Bantuan Google

arah kiblat online

Mengetahui arah Kiblat adalah hal penting bagi seorang Muslim. Untungnya ada bantuan dari Google untuk menentukan arah Kiblat online.

Ada kalanya ketika kamu berada di tempat yang cukup asing — misalnya dalam perjalanan — dan waktu shalat tiba. Pertanyaan yang sering muncul tentu saja: “Di sini arah Kiblat ke mana ya?”.

Salah satu solusi paling mudah adalah menggunakan teknologi yang ada di handphone. Entah memakai aplikasi atau bertanya pada mbah Google. Nah, seperti yang sudah disebut di atas, Google memberi solusi untuk arah Kiblat online.

Google membuat aplikasi web yang disebut Qibla Finder. Kamu bisa menggunakannya cukup bermodal browser. Jadi, semua handphone bisa mengaksesnya.

qibla finder samsung galaxy s9 plus

Qibla Finder di Samsung Galaxy S9+

Qibla Finder menggunakan formula haversine. Ia memakai lokasi Ka’bah dan lokasimu untuk menentukan rute langsung antara dua titik tersebut. Jadi seperti rute di Google Maps, tapi langsung.

Tentu saja, untuk bisa menggunakan panduan arah Kiblat online ini, kamu harus mengaktifkan fitur lokasi (GPS) di handphone.

Qibla Finder juga memanfaatkan teknologi augmented reality (AR). Kalau handphone-mu mendukungnya, kamu bisa melihat dengan kamera handphone, dan bergerak sesuai panduan untuk mengikuti arah Kiblat.

Namun memang ada handphone yang belum mendukung fitur AR di Qibla Finder. Kalau handphone-mu belum mendukungnya, kamu akan melihatnya dalam bentuk peta biasa. Kamu harus memperkirakan sendiri posisimu terhadap peta.

qibla finder moto g5s plus

Qibla Finder di Moto G5s Plus

Lalu, ada lagi fitur menguntungkan yang ditawarkan Google.

Kalau setiap kali harus membuka browser dan membuka halaman situs, pasti merepotkan. Nah, Qibla Finder bisa bekerja offline (tidak pakai koneksi internet, hanya GPS), dan bisa kamu pasang di halaman Home handphone-mu.

Cukup tekan tombol Menu ︙ dan pilih ‘Tambahkan ke Layar Utama‘. Voila, Qibla Finder sudah hadir di handphone-mu seperti aplikasi lainnya (silakan baca artikel Memasang Website Di Home Screen Android). Dengan begitu, kamu bisa lebih cepat mengetahui posisimu. Tinggal tunyul!

Nah, itulah cara menentukan arah Kiblat online dengan bantuan Google. Semoga, hal ini bisa membantu kamu menjalani ibadah dengan lebih baik.

Buka Qibla Finder

Ada komentar?