12 Aplikasi Travel Terbaik untuk Android dan iPhone

travel

Di jaman sekarang, ketika melakukan perjalanan ke daerah lain, kita sering bersandar pada aplikasi travel. Entah untuk mencari hotel, mencari tiket pesawat, mencari tempat wisata seru, atau sekedar supaya tidak tersesat. Kali ini kami akan membahas beberapa aplikasi travel terbaik (Android/iOS).

Daftar Aplikasi Travel Pilihan

Kalau kamu sering bepergian ke luar daerah, pasti kamu sudah tidak asing dengan nama-nama di atas. Harap diperhatikan, beberapa dari aplikasi tersebut memiliki fitur yang mirip.


Baca juga: Aplikasi untuk Melihat Lokasi Macet di Jalan


PackPoint

Aplikasi ini memiliki fungsi yang unik, yaitu membantu kamu menyiapkan barang-barang yang hendak dibawa selama perjalanan. Dengan menentukan jenis kelamin, lama perjalanan, dan kegiatan selama perjalanan, PackPoint bisa memberikan daftar barang bawaan (disesuaikan dengan cuaca). Kita tinggal menentukan mana yang akan kita bawa sesuai kebutuhan. Aplikasi ini memiliki integrasi dengan aplikasi rencana perjalanan TripIt.

aplikasi travel packpoint

ANDROID

iOS

↑ Kembali ke daftar


Tiket.com

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi paling populer untuk urusan perjalanan. Menangani mulai dari mencari tiket pesawat, tiket kereta, hotel, sampai persewaan mobil, Tiket.com bagaikan supermarket untuk traveling. Apalagi dengan berbagai informasi promo di dalmnya. Tiket.com juga melayani pembayaran dengan berbagai cara, mulai dari transfer bank, ATM, dan kartu kredit.

aplikasi travel tiketcom

ANDROID

iOS

↑ Kembali ke daftar


Traveloka

Traveloka menawarkan berbagai layanan perjalanan, seperti memesan tiket pesawat dan hotel. Selain itu, fitur yang tersedia mencakup kemudahan pembayaran, tiket digital (e-tickets/voucher), promosi, dll. Semua informasi dan transaksi tercatat dengan baik di aplikasi ini.

aplikasi travel traveloka
ANDROID

iOS

↑ Kembali ke daftar


App in The Air

Aplikasi ini cukup unik. Fungsi utamanya adalah melihat jadwal pesawat dalam waktu sebenarnya. Jadi, kita bisa melihat apakah pesawat yang kita naiki terlambat atau tidak. Yang menarik, App in The Air juga bisa melihat informasi pesawat di bandara bersangkutan (terminal dan gerbang berapa).

aplikasi travel app in the air
ANDROID

iOS

↑ Kembali ke daftar


AirBnB

Aplikasi ini juga menawarkan hal yang unik. Alih-alih hotel, AirBnB menawarkan pencarian rumah, baik itu guest house atau semacam kos, di berbagai kota di dunia. Kita bisa melihat berbagai rumah inap dengan berbagai harga dan menyesuaikannya dengan dana. Kalau cocok, kita juga bisa dengan mudah mengontak sang pemilik rumah.

aplikasi travel airbnb
ANDROID

iOS

↑ Kembali ke daftar


TripAdvisor

Bicara soal aplikasi travel tidaklah bisa lepas dari aplikasi satu ini. TripAdvisor, selain membantu mencari hotel dan pesawat, juga memberikan informasi panduan kota. Dengan aplikasi ini kita bisa melihat berbagai tempat wisata dan restoran beserta rating dan review dari pengunjungnya. Bahkan ada forum komunitas (internasional) di dalamnya.

aplikasi travel tripadvisor
ANDROID

iOS

↑ Kembali ke daftar


Baca: Cek Harga Tiket Pesawat Dengan Mudah di Google


Foursquare

Sempat populer sebagai media sosial berbasis lokasi, Foursquare sekarang memfokuskan diri pada fungsi panduan kota. Seperti TripAdvisor, kita juga bisa mencari tempat wisata, restoran, kafe, dll dengan mudah. Lengkap dengan informasi layanan, review, dan rating pengunjung. Kalau mau, kita juga bisa mengikuti daftar lokasi yang dibuat oleh pengguna Foursquare sebagai panduan.

aplikasi travel foursquare
ANDROID

iOS

↑ Kembali ke daftar


Google Trips

Aplikasi ini akan mengumpulkan semua informasi perjalanan, seperti pemesanan tiket dan hotel, dari Gmail. Selain itu, Google Trips akan menyarankan rencana perjalanan di peta sesuai ketertarikan kita atau yang dekat dengan posisi kita.

aplikasi travel google trips
ANDROID

iOS

↑ Kembali ke daftar


TripIt

Aplikasi ini memiliki fungsi yang mirip dengan Google Trips, yaitu mengumpulkan semua informasi dan menyusun rencana perjalanan. Cara bekerjanya pun mirip, yaitu melalui email. Bedanya, kita harus mengirim email yang bersangkutan ke email TripIt, dan aplikasi ini akan menyusun rencana perjalanan. TripIt punya aplikasi premium TripIt Pro yang juga menawarkan informasi pesawat.

aplikasi itinerary travel tripit

ANDROID

iOS

↑ Kembali ke daftar


Google Maps

Sudah cukup jelas. Sebagai aplikasi peta, Google Maps akan membantu kita melihat tempat-tempat menarik dan memberikan bantuan arahan. Kalau TripAdvisor dan Foursquare bisa disebut sebagai aplikasi panduan kota dengan fitur peta, Google Maps boleh dibilang sebaliknya. Aplikasi peta dengan fitur panduan kota.

google maps
ANDROID

iOS

↑ Kembali ke daftar


Uber

Untuk jalan-jalan tentunya butuh kendaraan. Salah satu solusi praktisnya adalah menggunakan layanan Uber. Dengan layanan ini kita tidak perlu repot mencari kendaraan umum setempat di mana pun kamu berada. Tapi harap diingat, aplikasi ini akan tergantung apakah ada layanan Uber di daerah tempat kamu liburan.

aplikasi uber
ANDROID

iOS

↑ Kembali ke daftar


Go-Jek

Layanan ini adalah alternatif selain Uber. Bahkan memiliki pilihan layanan lebih banyak. Tidak hanya bepergian, kalau kamu ingin memesan makanan atau hal lain tapi sudah lelah karena seharian piknik, kamu bisa menggunakan layanan Go-Food atau Go-Mart dari aplikasi ini.

aplikasi gojek
ANDROID

iOS

↑ Kembali ke daftar


Baca juga: 5 Tips Gadget Untuk Para Digital Nomad


Apa sudah semua? Hm, sebenarnya belum. Selain aplikasi travel di atas, ada beberapa aplikasi lain yang mungkin membantu saat bepergian, terutama kalau keluar negeri.

Yah, itulah beberapa aplikasi yang bisa membantu perjalananmu, entah dalam rangka bisnis atau liburan. Silakan pilih yang paling membantu dan paling sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau kamu sudah berpengalaman melakukan perjalanan dan mungkin punya pilihan lain, silakan berbagi. Selamat piknik!

Ada komentar?