5 Aplikasi Tema Android (Launcher) Terbaik

aplikasi launcher tema android terbaik

Aplikasi tema Android, atau biasa disebut launcher, merupakan aplikasi yang kita gunakan untuk mengganti tampilan handphone sesuai keinginan kita. Berikut ini kami coba mengumpulkan yang terbaik.

Mengganti tampilan home screen memang merupakan salah satu fitur unik Android. Kalau kamu pakai handphone Android, kamu tidak perlu kuatir bosan dengan tampilan yang itu-itu saja. Cukup install aplikasi launcher dan kamu bisa mengubahnya sesuai suasana hatimu.


BACA: Cara Mengatur Default App di Android


Nova Launcher

aplikasi tema android nova launcher

Nova Launcher merupakan aplikasi tema Android yang sudah hadir cukup lama. Banyak yang menganggapnya sebagai aplikasi launcher terbaik. Tidak heran, Nova launcher menawarkan fleksibilitas yang luar biasa.

Kamu bisa melakukan pengaturan mulai dari penampilan home screen, dukungan icon pack, mengatur dock, sampai import layout. Kamu juga bisa membuat backup pengaturanmu dan memuatnya kembali saat punya handphone baru. Selain itu Nova Launcher juga rajin mendapat update.

Nova Launcher bisa digunakan secara gratis. Namun kalau kamu ingin fitur lebih seperti mengatur gestur, menyembunyikan aplikasi, efek scroll tambahan, swipe icon, dll kamu bisa membeli aplikasi Nova Launcher Prime.

DOWNLOAD

Evie Launcher

aplikasi tema android evie launcher

Evie Launcher terkenal sebagai aplikasi tema Android yang rapi, ringan, dan cepat. Sejak pertama dirilis, aplikasi ini dengan cepat merebut hati pengguna Android.

Dengan Evie Launcher, kamu bisa mengatur tampilan home screen, memilih app drawer dalam bentuk grid atau daftar, mendapat dukungan live wallpaper, redesign folder dan widget, backup dan restore, dll.

Silakan baca review Evie Launcher dari kami. Launcher ini bisa diunduh dan dipasang secara gratis, tanpa in-app purchase.

DOWNLOAD

Action Launcher

action launcher android

Action Launcher juga merupakan salah satu aplikasi launcher favorit pengguna Android. Aplikasi ini selalu berusaha update dengan fitur Android versi terbaru, dan menambahkan keunikannya sendiri.

Beberapa fitur menarik dari Action Launcher adalah Quicktheme yang mengubah warna UI mengikuti warna wallpaper, Shutter yang menunjukkan widget di ikon saat di-swipe, Cover yang merupakan alternatif penggunaan folder, dll. Luncher ini juga bisa mengimpor layout dari aplikasi tema lain, seperti Nova, Google Now, dll.

Action Launcher bisa didapat dan digunakan secara gratis, dengan penawaran pembelian dalam aplikasi.

DOWNLOAD


BACA: 4 Aplikasi Personalisasi Android yang Nggak Penting Tapi Seru Dipakai


Arrow Launcher

arrow launcher android

Arrow Launcher adalah salah satu aplikasi launcher unik. Selain karena buatan tim dari Microsoft, Arrow memberikan tampilan cepat ke orang yang sering dihubungi, aplikasi yang sering dipakai, dokumen, reminder, dll. Kalau kamu pengguna Windows dan suka dengan wallpaper Bing, kamu juga bisa mendapatkan wallpaper harian Bing di aplikasi ini.

Arrow Launcher termasuk aplikasi yang populer dan mendapat rating baik di Play Store. Kamu bisa mengunduh dan menggunakannya dengan gratis.

DOWNLOAD

Apex Launcher

apex launcher android

Apex Launcher juga merupakan aplikasi launcher Android yang populer dan mendapat rating baik. Selain menawarkan perubahan tampilan, aplikasi ini juga memberikan pilihan fungsi lain.

Secara umum, kamu bisa mengubah tampilan home screen Android, memiliki home screen sampai 9 buah, membuat dock bisa di scroll dan sampai 5 halaman, animasi transisi, pengaturan urutan folder, dll. Apex Launcher juga menawarkan pengaturan gestur seperti swipe ke atas-bawah, pinch in-out (cubit), long press (tekan lama), dll.

Apex Launcher bisa kamu gunakan secara gratis. Untuk fitur lebih, kamu bisa mendapatkannya melalui pembelian dalam aplikasi.

DOWNLOAD


BACA: Mendapat Saran Aplikasi Personalisasi Android dari Tes #myAndroid


Itulah beberapa aplikasi launcher Android yang kami anggap terbaik. Silakan coba dan bandingkan mana yang sesuai selera kamu. Setelah itu, maksimalkan pengaturannya sampai kamu benar-benar nyaman.

Tentu saja, kalau kamu lebih suka tampilan “asli” Google, kamu bisa menggunakan Google Now Launcher atau Google Pixel Launcher. Namun pengaturannya tidak sebebas aplikasi tema Android di atas.

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.