4 Aplikasi Speed Test Terbaik untuk Android

aplikasi speed test terbaik android

Aplikasi speed test digunakan untuk mengetahui seberapa cepat koneksi internet yang kita pakai. Di Play Store terdapat banyak aplikasi dengan fungsi tersebut. Namun yang manakah aplikasi speed test terbaik untuk Android?

Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, aplikasi speed test biasanya menguji kecepatan koneksi internet dengan menguji Ping, Download, dan Upload. Namun ternyata, ada beberapa aplikasi yang menampilkan cara lain. Bahkan memberi fitur lain.

Mari kita lihat.


Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Soal Speed Test Internet


Speedtest.net

Aplikasi ini mungkin merupakan layanan yang pertama kali terlintas di pikiran ketika bicara soal tes kecepatan internet. Layanan ini sudah hadir cukup lama, dan mengikuti tumbuh kembangnya internet beserta smartphone.

aplikasi speedtest.net android

Speedtest.net melakukan tes kecepatan koneksi internet dengan menguji Ping (Latency), kecepatan Download, dan kecepatan Upload. Kita juga bisa memilih server sebagai rujukan tes. Mau server lokal atau internasional yang jauh juga bisa.

Pengalaman panjang menjadi jaminan aplikasi ini. Yah, bolehlah kalau mau menyebut Speedtest.net sebagai aplikasi speed test terbaik Android (atau di platform mana pun 😀 ).

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

nPerf

Aplikasi ini sangat menarik. nPerf memiliki beberapa cara untuk menguji kecepatan koneksi internet. Bisa melakukan speed test biasa (Ping, Download, Upload), browsing test (menelusuri situs dengan browser), dan streaming test (menonton video online). Bisa juga semuanya sekaligus.

tampilan aplikasi speed test nperf

Fitur lain yang tidak kalah menarik dari aplikasi nPerf adalah melihat cakupan wilayah koneksi internet dari provider beserta kualitas kecepatan koneksinya. Ada peta dengan wilayah berwarna sesuai kualitas kecepatan koneksi internet.

Jadi aplikasi ini bisa memberikan pengalaman atau wawasan yang sedikit lebih luas daripada uji kecepatan koneksi biasa. Bagi saya, hal ini meletakkan nPerf sebagai salah satu aplikasi speed test terbaik Android.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

Meteor

Aplikasi ini juga tidak kalah menarik. Mirip seperti nPerf, Meteor juga menawarkan fitur selain uji kecepatan internet biasa.

Hm, tes koneksi internetnya memang dilakukan dengan cara standar. Ping, Download, dan Upload. Namun saat hasil tes muncul, Meteor juga memberikan wawasan lain.

aplikasi speed test meteor

Meteor menunjukkan perkiraan pengalaman penggunaan kecepatan itu di beberapa aplikasi yang ada di handphone kita. Misalnya Facebook, YouTube, atau Twitter. Kita juga bisa menambah aplikasi pilihan kita sendiri di dalam daftar tersebut.

Selain itu, Meteor juga memiliki desain aplikasi yang keren. Oleh karenanya, aplikasi ini juga masuk dalam jajaran aplikasi speed test terbaik Android.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

Fast

Aplikasi ini merupakan aplikasi uji kecepatan koneksi internet buatan Netflix. Aplikasi ini cukup unik di bidangnya. Karena alih-alih membawa berbagai fitur, yang ada di sini hanya tes download saja.

Alasan yang disebut oleh Netflix adalah sebagian kegiatan yang kita lakukan di internet adalah download. Membuka situs berarti download data situs tersebut (teks, gambar, dll). Menonton video online juga termasuk.

aplikasi speed test fast

Netflix sebagai penyedia layanan video streaming jelas berkepentingan di urusan download ini. Makanya aplikasi Fast pun fokus dengan fungsi tersebut.

Karena itu, proses uji kecepatan koneksi internet di aplikasi ini pun berjalan ringan dan cepat. Sayangnya, Netflix diblok oleh provider tertentu. Tapi kalau kamu bisa menggunakannya, aplikasi Fast lumayan untuk sekedar melihat kecepatan download.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID


Baca juga: 3 Aplikasi Mac Gratis untuk Memantau Penggunaan Koneksi Internet


Saya pikir itulah empat aplikasi yang bisa disebut sebagai aplikasi speed test terbaik Android. Tentunya dengan fungsi dan keunikannya masing-masing.

Mungkin di dalam rimba Play Store juga masih ada aplikasi speed test keren lain. Kalau ketemu akan saya tambahkan. Untuk sementara ini, silakan mencoba aplikasi di atas. Tabik!

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.