3 Aplikasi Mac Gratis untuk Memantau Penggunaan Koneksi Internet

aplikasi mac melihat penggunaan koneksi internet

Melihat penggunaan koneksi internet di handphone sudah cukup umum dan mudah dilakukan. Karena saya pengguna Macbook, secara otomatis saya tertarik dengan aplikasi Mac yang bisa memantau penggunaan koneksi internet.

Oke, kalau niat, kita bisa melakukan cek seperti itu di Activity Monitor. Tapi otak saya yang terbatas ini sedikit pusing melihat informasi yang cukup rumit di sana. Jadi saya memutuskan mencari yang lebih bersahabat.

Sampai di sini, perlu juga saya sebut bahwa ada aplikasi seperti iStat Menus dan LittleSnitch. Keduanya sangat powerful untuk memantau internet beserta aplikasi yang yang menggunakannya. Di sisi lain, kedua aplikasi tersebut merupakan aplikasi komersial.

Bukannya saya tidak mau membeli aplikasi. Tapi saya mau mencoba melihat alternatif lain. Nah, paling tidak, sampai saat ini, saya menemukan tiga aplikasi Mac gratis yang bisa digunakan untuk memantau penggunaan koneksi internet.


Baca juga: 18 Aplikasi Mac Utility Yang Layak Diperhatikan


SmartApp

Aplikasi ini akan memantau penggunaan koneksi internet melalui Wi-Fi, melacak aplikasi apa saja yang menggunakan koneksi internet, dan menampilkan penggunaan internet harian. Semua informasi tersebut disajikan di menu bar Mac dengan desain yang cantik.

pantau koneksi wifi dengan smartapp

Aplikasi ini akan sesuai untuk kamu yang menggunakan koneksi internet di Mac dengan Wi-Fi atau Hotspot. Misalnya menggunakan modem router di rumah atau tethering dari handphone.

Sayangnya, aplikasi ini belum mendukung penggunaan internet melalui kabel Ethernet atau USB. Saya sudah mencobanya dengan mi-fi Andromax M3Y melalui kabel USB. Lalu, sejauh ini belum menunjukkan aplikasi apa saja yang menggunakan koneksi internet.

Aplikasi SmartApp tersedia untuk iOS, Android, dan Mac. Namun, aplikasi SmartApp untuk Android baru tersedia untuk wilayah India.

DOWNLOAD


Bandwidth+

Aplikasi ini juga akan membantu kamu melacak penggunaan koneksi internet di Mac. Aplikasi ini mendukung pemantauan koneksi internet melalui Wi-Fi, Ethernet, atau USB. Tentunya dari menu bar di Mac.

melihat pemakaian koneksi internet di mac

Yang menarik, Bandwidth+ akan menampilkan informasi masing-masing port secara terpisah. Lalu aplikasi ini juga bisa memisah antara penggunaan total harian dan kurun waktu tertentu. Bandwidth+ juga bisa menampilkan informasi batasan kuota internet.

Kelemahan aplikasi ini adalah tidak ada informasi aplikasi apa saja yang menggunakan koneksi internet. Hanya murni melacak penggunaan koneksi saja. Tapi untuk kebutuhan itu, aplikasi ini sudah mencukupi.

DOWNLOAD


Loading

Aplikasi bernama lucu ini berguna untuk memantau aplikasi apa saja yang menggunakan koneksi internet di Mac. Sangat sederhana.

melihat aplikasi yang menggunakan koneksi internet dengan aplikasi loading

Loading hadir dalam bentuk — mudah ditebak — ¬†ikon loading¬†atau memuat yang akan berputar ketika ada aplikasi yang aktif menggunakan internet. Aplikasi ini memisah penggunaan dalam dua kategori: Aplikasi yang sedang aktif, dan yang terakhir menggunakan internet.

Sayangnya, tidak ada informasi berapa besar jumlah data yang beredar untuk masing-masing aplikasi.

DOWNLOAD


Baca juga: Cara Mengatur dan Menghapus Ikon di Menu Bar Mac


Jadi bisa dilihat, ketiga aplikasi gratis ini memang tidak selengkap aplikasi yang komersial. Kalau kamu ingin fitur yang lengkap, silakan unduh aplikasi iStat Menus atau Little Snitch.

Tapi kalau kamu ingin aplikasi gratis, ya memang harus mengambil resiko. Mungkin menggabungkan beberapa aplikasi sekaligus untuk mendapat semua fitur. Tentu saja informasi penggunaan koneksi internet harus dilihat secara terpisah.

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.