Koleksi Pilihan Panduan

Aplikasi untuk Melihat Lokasi Macet di Jalan

aplikasi pemantau macet
Photo: RayBay / Unsplash

Bisa melihat lokasi macet di jalan terjadi adalah anugerah tersendiri. Karena bagaimanapun, yang namanya macet selalu menyebalkan. Berikut ini kami sajikan beberapa pilihan aplikasi pemantau kemacetan lalu lintas.

Ada beberapa hal yang saya pertimbangkan dalam memilih aplikasi untuk melihat lokasi macet ini. Yang pertama, jelas panduan perjalanan. Ini berarti, aplikasi tersebut harus punya peta yang bagus, bisa digunakan di berbagai daerah, dan bisa memilih rute. Bahkan kalau kita memilih jalan kita sendiri (aplikasi bisa mengkalkulasi ulang rute). Kedua, aplikasi ini harus punya tampilan yang enak dilihat. Karena besar kemungkinan handphone diletakkan di dekat dashboard kendaraan. Yang berarti, informasi harus bisa dilihat dalam sekali lirik. Ketiga, ada panduan suara yang melengkapi panduan perjalanan.


Baca juga: Mengirim Lokasi di WhatsApp


Waze

Waze merupakan aplikasi peta dan arahan yang populer. Selain menyediakan hal tersebut, Waze juga memberikan informasi kemacetan lalu lintas dengan baik, termasuk memberikan info kecepatan rata-rata dan alternatif rute.

melihat lokasi macet di waze android

Yang membuatnya semakin baik adalah sistem komunitas yang ada di Waze. Pengguna Waze bisa saling melaporkan kalau di jalan ada kecelakaan atau halangan lain. Menggunakan warna yang mencolok di informasi penting membuat tampilan Waze mudah dikenali dengan cepat.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK iOS

DOWNLOAD UNTUK WINDOWS PHONE sudah lama tidak mendapat update


Google Maps

Aplikasi peta dan arahan ini mungkin yang paling populer. Terutama untuk fungsi petanya. Google Maps juga memberikan informasi lokasi macet lalu lintas dengan baik. Dari sisi arahan, aplikasi ini juga bisa memberikan saran rute dan menyesuaikannya.

google maps android

Untuk berkendara, saya rasa tampilan Google Maps sedikit di bawah Waze (tapi ini subyektif). Aplikasi ini kadang memberikan tingkat zoom yang terlalu jauh, dan harus dibesarkan untuk melihat dengan lebih jelas. Sisi baiknya, hal ini akan memberikan gambaran peta dan arahan yang lebih baik sebelum kita mulai berkendara.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK iOS

Untuk pengguna Windows Phone, kami sarankan menggunakan aplikasi pihak ketiga gMaps.

DOWNLOAD gMAPS


Baca juga: Melaporkan Akun Facebook Orang yang Sudah Meninggal


HERE We Go

Aplikasi HERE We Go adalah aplikasi yang dulu kita kenal dengan HERE Maps dan HERE Drive dari Nokia. Setelah dibeli oleh konsorsium mobil Eropa (Audi, BMW, dan Daimler/Mercedes Benz), aplikasi ini diubah namanya menjadi HERE We Go.

tampilan aplikasi here we go android

Secara keseluruhan, aplikasi ini cukup baik untuk melihat kemacetan. Tapi sejauh yang saya coba, masih belum sebaik dua aplikasi di atas. Salah satu kasus yang saya temui adalah ketika saya memperbesar tampilan peta, indikator kemacetan (jalur warna warni) menghilang dari tampilan.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK iOS

Tidak tersedia untuk Windows Phone


LewatMana

Aplikasi ini merupakan aplikasi buatan dalam negeri. Aplikasi LewatMana bisa jadi pemantau kemacetan lalu lintas yang cukup baik. Salah satunya karena fitur CCTV yang ada di dalamnya. Kita juga bisa berbagi foto untuk melaporkan situasi lalu lintas.

aplikasi pemantau macet lewatmana

Pada dasarnya, untuk fungsi peta aplikasi LewatMana menggunakan Google Maps. Jadi, tampilan peta ya seperti Google Maps. Namun yang cukup menarik, ada tampilan CCTV yang bisa dilihat, dan ada berbagai laporan dari pengguna jalan yang bisa dibaca. Sayangnya untuk laporan lalu lintas, sejauh ini masih belum bisa dilihat untuk lokasi terdekat atau bersangkutan. Kemudian tampilannya juga kurang menarik.

Kecuali saya salah, kelihatannya aplikasi LewatMana sedang mengembangkan versi terbaru yang lebih bagus dan nyaman digunakan.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK iOS

DOWNLOAD UNTUK WINDOWS PHONE


Baca juga: 3 Cara Membersihkan Timeline Facebook


Itulah beberapa aplikasi yang berguna untuk melihat lokasi macet di jalan. Yang saya perhatikan selama mencoba aplikasi-aplikasi ini adalah fungsi media sosial di dalam aplikasi peta dan arahan cukup bermanfaat untuk berbagi informasi sesama pengguna jalan. Karena bagaimanapun kemacetan adalah masalah bersama.

Maafkan saya kalau ada aplikasi yang terlewat. Sekali lagi, kali ini saya hanya fokus pada aplikasi yang mudah digunakan di mana saja. Kalau ada saran aplikasi lain, jangan malu-malu berkomentar.