Aplikasi Keyboard Terbaik untuk Android dan iOS

aplikasi keyboard terbaik swiftkey

Walau keyboard bawaan sistem operasi sudah canggih dan semakin baik, kadang tetap saja bukanlah aplikasi keyboard terbaik untuk kita. Bagaimanapun, cara menggunakan keyboard tiap orang berbeda. Paling sederhana, tentu saja, pilihan tampilan keyboard itu sendiri.

Untuk itulah kali ini kami menengok beberapa aplikasi keyboard terbaik untuk Android dan iOS. Seperti sudah kita ketahui, kedua sistem operasi smartphone itu sudah mengijinkan penggunaan aplikasi keyboard pihak ketiga. Penggunanya bisa memilih keyboard yang paling efisien, atau yang paling mencerminkan kepribadian mereka (dengan pilihan tema).


Baca juga: Cara Mengganti Keyboard Android dan iOS


Swiftkey (Android / iOS – Gratis)

SwiftKey merupakan salah satu aplikasi terbaik yang ada. Aplikasi ini memiliki banyak fitur. Mulai dari mengatur tema, ukuran, menambah baris angka, mendukung banyak bahasa, menggunakan gestur swipe, sampai fungsi clipboard (menyimpan teks yang diduplikat). SwiftKey juga merupakan salah satu yang terbaik untuk urusan “belajar”. Dengan cepat ia mempelajari kata yang kita gunakan.

aplikasi keyboard swiftkey

Swiftkey di Android

Swiftkey memiliki layout tombol angka dan simbol yang berbeda dari keyboard standar. Kalau kamu sudah terbiasa dengan keyboard standar, mungkin butuh sedikit waktu untuk terbiasa dengan keyboard ini.

SwiftKey bisa diunduh gratis baik untuk Android maupun iOS.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK iOS


Swype (Android / iOS – Trial & Komersial)

Swype merupakan salah satu pionir keyboard yang menggunakan gestur swipe. Aplikasi keyboard ini juga memiliki fitur yang banyak (termasuk tema), dan termasuk yang cepat mempelajari bagaimana kita mengetik.

aplikasi keyboard swype

Swype di Android

Swype menggunakan mesin dikte Dragon Dictation dari Nuance (yang membeli Swype). Layout keyboard Swype cukup umum, sehingga memudahkan mereka yang sudah terbiasa menggunakan keyboard standar. Keyboard ini juga mendukung banyak bahasa.

Swype merupakan keyboard komersial. Bisa didapat di Play Store dengan harga Rp13.610, dan di Apple App Store dengan harga Rp15.000. Tersedia Swype Trial di Android untuk penggunaan gratis selama 30 hari.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK iOS


Baca juga: Mudahnya Backup iPhone dengan MacX MediaTrans


Minuum (Android / iOS – Gratis & Komersial)

Minuum merupakan aplikasi keyboard pihak ketiga yang cukup menarik. Selain memiliki fitur seperti lainnya (tema, layout, dll), aplikasi ini menawarkan mengetik dengan keyboard satu baris dan memanfaatkan prediksi dan koreksi otomatis untuk membentuk kata dan kalimat yang benar.

aplikasi keyboard minuum

Minuum di Android

Butuh sedikit usaha lebih keras sampai keyboard ini bisa menangkap kebiasaan kita mengetik. Terutama karena Minuum belum mendukung Bahasa Indonesia (apalagi Jawa seperti yang sering saya gunakan).

Minuum merupakan keyboard komersial. Bisa didapat di Play Store dengan harga Rp41.653, dan di App Store dengan harga Rp59.000. Tersedia Minuum Trial untuk Android untuk penggunaan gratis selama 30 hari.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK iOS


Fleksy (Android / iOS – Gratis)

Fleksy sedikit berbeda dengan aplikasi keyboard lain. Aplikasi ini tidak memiliki gestur swipe. Di sisi lain, Fleksy memiliki baris tambahan di bagian atas, tempat kita mengakses berbagai hal. Mulai dari emoji yang sering kita pakai, alamat email, fungsi edit (copy, paste, dll), sampai stiker.

aplikasi keyboard fleksy

Fleksy di Android

Selain itu keyboard Fleksy mendukung banyak tema, dan berbagai extension untuk mengisi baris tambahan (empat ekstensi gratis, kalau menambah harus beli lewat IAP).  Fleksy juga mendukung Bahasa Indonesia.

Fleksy bisa didapat dengan gratis baik untuk Android dan iOS.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK iOS


Baca juga: 4 Aplikasi Transfer File Cepat Antar Perangkat


Aplikasi keyboard yang layak disebut

Di samping aplikasi keyboard pihak ketiga di atas, ada beberapa lagi yang layak disebut.

Gboard (Android / iOS – Gratis)

Oke, untuk Android, memang Gboard merupakan keyboard bawaan. Tapi keyboard ini juga tersedia di iOS sebagai aplikasi keyboard alternatif.

Harus diakui, Gboard merupakan salah satu aplikasi keyboard terbaik yang tersedia. Mendukung tema, mendukung swipe, mendukung banyak bahasa (bisa tiga bahasa sekaligus), punya fungsi pencarian langsung di keyboard, dll.

aplikasi keyboard Gboard ios

Aplikasi keyboard Gboard di iOS

Keyboard Gboard bisa cukup lama mempelajari cara kita mengetik sampai ia benar-benar optimal. Terutama kalau kita mengetik dengan bahasa yang bercampur aduk (seperti saya 😀 ). Tapi… ya, kalau sudah sepaham, Gboard bisa jadi keyboard yang diandalkan.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK iOS


Microsoft WordFlow (iOS)

WordFlow merupakan keyboard buatan Microsoft. Namanya diambil dari sistem swipe yang ada di keyboard bawaan Windows Phone. Microsoft memutuskan membawa keyboard itu ke iOS, dengan ditambah sedikit kejutan.

WordFlow memiliki alternatif layout melengkung untuk penggunaan satu tangan. Walau terkesan aneh, banyak yang menyebut bahwa cara ini cukup efisien.

aplikasi keyboard wordflow ios

Aplikasi keyboard WordFlow di iOS

Keyboard WordFlow belum tersedia di Android. Sebagai gantinya, ada keyboard Hub. Keyboard ini terintegrasi dengan aplikasi lain untuk memudahkan akses file. Saat ini keyboard Hub masih dalam tahap preview dan belum tersedia di Indonesia.

DOWNLOAD UNTUK iOS


Itulah beberapa pilihan aplikasi keyboard terbaik untuk Android dan iOS pilihan kami. Memang ada banyak aplikasi keyboard lain tersedia. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri.

Penggunaan yang terbaik, tetap bergantung pada kesukaan kita, dan bagaimana kita menggunakan keyboard tersebut. Sebagai contoh, saya masih sering labil menggunakan Gboard dan SwiftKey. Sementara Gboard masih sering mengkoreksi kata dengan salah (logika yang aneh, mengkoreksi kok salah 😀 ), saya kurang terbiasa dengan layout keyboard angka dan simbol dari SwiftKey. Kedua hal tersebut sering memperlambat proses mengetik yang saya lakukan (walaupun aplikasi menyebutkan sudah membuat saya lebih efisien).

Jadi, silakan pilih aplikasi keyboard terbaik untuk kalian. Kalau ada yang belum tercantum, silakan sebutkan. Sekali lagi, tiap orang punya pilihan yang berbeda. 🙂

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.