Atur Jadwal Kegiatan Sekolah / Kuliah Dengan Aplikasi School Planner

aplikasi jadwal pelajaran

Kalau kamu mencari aplikasi untuk membantu mengatur jadwal pelajaran atau kuliah, kamu bisa coba aplikasi satu ini. Aplikasi School Planner memiliki fitur lengkap untuk semua kegiatan belajar sehari-hari.

Kegiatan sekolah—apalagi kuliah—tidak berhenti di jadwal pelajaran. Ada pekerjaan rumah, kerja kelompok, praktek, ujian, dll. Kamu mungkin mencatat semua kegiatan itu di berbagai aplikasi. Misalnya di Kalender, aplikasi To-Do, aplikasi catatan, dll.

Aplikasi School Planner memangkas semua itu. Jadi kamu bisa menggunakan satu aplikasi saja. Tidak perlu repot pindah sana sini.

Mari kita lihat beberapa fiturnya.

BACA JUGA
6 Aplikasi To Do Terbaik untuk Berbagai Platform

Daftar Pelajaran Beserta Pengajar

Di aplikasi School Planner kamu bisa mengatur masa tahun ajaran (misalnya semester ganjil dan genap). Sehingga kamu bisa mencocokkan dengan rencana studi.

Dalam tiap tahun ajaran, kamu bisa memasukkan mata pelajaran atau mata kuliah, beserta nama guru/dosen, jadwal, dan ruangan. Ini sangat berguna untuk anak kuliah.

catat detil mata kuliah dan dosen

Daftar dan detil mata kuliah beserta dosen

Lalu kamu juga bisa mencatat informasi guru/dosen yang bersangkutan. Mulai dari nomor telepon, alamat email, alamat rumah, jam kerja, sampai memasang foto. Yah, minta tanda tangan atau konsultasi akan lebih mudah.

Bisa kamu lihat, datanya cukup detil. Tapi masih ada lagi.

Jadwal Pelajaran / Kuliah dan Agenda

Daftar mata pelajaran/kuliah itu bisa kamu susun dalam bentuk jadwal (timetable). Kamu tinggal memasukkan informasi yang sudah kamu catat sebelumnya dan menambah informasi hari, tanggal dan jam.

Selain itu, kamu juga bisa menambah informasi kegiatan belajar lain, seperti tugas (pekerjaan rumah), ujian, atau sekedar reminder (misal ada belajar kelompok). Sekali lagi, kamu bisa menentukan hari, tanggal, dan jam.

agenda dan jadwal pelajaran atau kuliah

Tampilan agenda dan jadwal pelajaran / kuliah

Semua informasi ini akan muncul di kalender kegiatanmu. Yang menarik, kamu bisa melihat apa kegiatan minggu ini di bagian Overview.

Dengan cara ini, selain kamu bisa cek jadwal, kamu bisa segera tahu prioritas kegiatan dan tahu kapan ada waktu luang. Rapi, informatif, dan bermanfaat.

BACA JUGA
Membuat Daftar Isi di MS Word Secara Otomatis

Catat Absensi dan Nilai

Masih ada fitur menarik lain di aplikasi School Planner ini. Kamu bisa mencatat absensi dan nilai.

Kalau ada dosen yang menetapkan minimal absensi, kamu bisa mencatat batas itu. Lalu setiap absen—entah tidak masuk, terlambat, atau keluar kelas lebih dulu (misalnya sakit perut)—kamu juga bisa mencatatnya. Jadi kamu bisa mencocokkan apakah kamu masih dalam batas aman atau tidak.

absensi dan fitur lain

Absensi dan fitur lain

Selain itu, kamu juga bisa menentukan target nilai untuk tiap mata pelajaran. Nanti, kamu bisa mencatat semua nilai yang kamu dapat. Nah, di detil mata pelajaran kamu bisa melihat nilai rata-rata. Oya, kamu juga bisa menentukan sistem penilaian (1-10 atau A-F, dll).

Kedua fitur ini akan membantu kamu tidak hanya dari sisi jadwal kegiatan, tapi juga prestasi.

Menuntut Ketelitian

Ya, apalah arti teknologi canggih kalau kita sendiri tidak disiplin dan teliti. Bisa kamu lihat dari uraian dan gambar di atas. Aplikasi ini terlihat rumit dengan banyak isian. Kalau kamu tidak teliti dan rajin melakukan cek (walau ada notifikasi), kamu bisa repot sendiri.

Hm, salah satu yang membuat aplikasi School Planner terlihat rumit mungkin adalah aplikasi ini berbahasa Inggris. Banyak istilah yang berbeda dan sedikit membingungkan bagi yang belum tahu atau terbiasa.

Tapi secara teknis, aplikasi ini sangat bermanfaat bagi pelajar atau mahasiswa. Karena fiturnya sangat spesifik. Kalau menggunakan aplikasi To-Do biasa, mungkin akan tercampur dengan tugas lain (misalnya beli telur atau membersihkan kamar mandi).

Sekali lagi, kalau kamu butuh aplikasi untuk menata jadwal pelajaran / kuliah, aplikasi School Planner bisa jadi pilihan tepat. Aplikasi ini baru tersedia untuk Android. Silakan coba dengan link di bawah ini.

Download (Android)

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.