Fender Tune: Aplikasi Stem Gitar dari Produsen Gitar Ternama

aplikasi guitar tuner fender android

Guitar tuner seringkaliĀ membantu proses stemĀ gitar lebih mudah. Apalagi kalau berbentuk aplikasi stem gitar untuk handphone. Nah, bagaimana kalau aplikasi itu dari produsenĀ gitar ternama? Inilah Fender Tune, aplikasi guitar tuner FenderĀ untuk Android dan iOS.

Kita sudah tahu bahwa Fender merupakan nama yang legendaris di dunia musik. Dengan begitu, pasti aplikasi buatannya punya kualitas jempol. Terus terang saja, saya berpikir begitu. Mungkin ada baiknya kita singkirkan dulu nama besar Fender, dan melihatnya lebih dekat.


Baca juga:Ā Wireless Speaker Terbaik untuk Dipertimbangkan (2016)


Fitur Aplikasi Fender Tune

Walau sudah bisa saya bayangkan, cukup mengejutkan bahwa fitur aplikasi guitar tuner ini sangat simpel. Fungsi stem gitar tampil sebagai yang utama, tanpa basa-basi. Ya, mungkin ada pengantarnya sedikit. Tapi tetap berhubungan. Karena pengantarnya adalah sedikit tutorial cara stem gitar.

Pada dasarnya, cara bekerjanya mirip dengan aplikasi yang membantu menyetem gitar lain. Kita memetik salah satu senar, aplikasi ini mendengarkan, dan memberitahu apakah terlalu rendahĀ atau malah terlalu tinggi. Tergantung senar mana yang kita petik, Fender Tune akan mengenalinya.

aplikasi guitar tuner fender

Stem gitar di aplikasi Fender Tune

Di samping fungsi utama itu, aplikasi ini juga memberikan sedikit tips stem gitar (selain di awal). Ada panduan singkat posisi kunci nada di knop pemutarĀ senar gitar, dasar-dasar cara stem gitar, dasar-dasar amplifier, pengenalan senar, dll.

Saya sempat berpikir apakah aplikasi guitar tuner ini hanya ditujukan untuk gitar listrik. Namun ternyata di bagian pengaturan terdapat pilihan instrumen. Ada gitar listrik, akustik, juga bass. Selain itu, ada juga pilihan penyeteman kunci gitar. Mulai dari standar, drop D, full step down, sampai open A.


Baca juga:Ā 5 Program Audio Editor Gratis Pilihan


Tampilan Aplikasi Fender Tune

Seperti sudah saya sebut di atas, secara mengejutkan, aplikasi ini cukup simpel. Yah, misalnya kalau dibandingkan dengan Guitar Tuna. Fender Tune memakai desain jaman sekarang yang serba flat. Kalau saya sih suka dengan desainnya. Tidak bikin penuh layar dengan berbagai efek visual yang tidak penting.

setting Fender Tune

Pengaturan aplikasi Fender Tune

Walau begitu, animasi proses mengenali nadanya cukup menarik. Ada lingkaran kuning yang menunjukkan posisi nada senar gitar kita yang akan bergerak ke tengah (posisi yang benar). Ketika sudah di tengah, warna lingkaran berubah jadi hijau. Ukuran lingkaran yang cukup besar serta warna yang mencolok membuatnya mudah dikenali. Pun hanya dengan melirik saat menyetem gitar.


Baca juga:Ā Layanan Streaming Musik dan Radio Online Paling Populer


Pengalaman menggunakan fungsi guitar tuner

Saya akan berkata jujur bahwa saya hanya mencoba aplikasi ini dengan gitar akustik biasa. Sebuah gitar klasik Yamaha (G-225) tua yang dibeli oleh paman saya tahun 1978, lalu diwariskan ke saya. Jangan kuatir, suaranya masih cukup bagus kok.

Berdasarkan percobaan saya, aplikasi Fender Tune ini agak sedikit kesulitan menangkap nada saat aplikasi baru dibuka. Sebagai contoh, saya memetik senar A, tapi dalam beberapa kesempatan, aplikasi ini menangkapnya sebagai senar lain. Baru kemudian ia mengenalinya dan menyesuaikan tinggi rendah nada. Saya mencobanya beberapa kali, baik dari menutup aplikasi seluruhnya lalu membukanya, atau berpindah dari aplikasi lain melalui app switcher (multitasking) Android. Namun ketika sudah mengenali nada, proses penyeteman gitar berjalan dengan baik. Keenam senar gitar bisa distem dengan cepat.

Oya, jangan lupa cek sekali lagi semua senar setelah proses stem gitar selesai. Karena bisa jadi agak kendor sedikit. Ya sekedar memastikan saja.

Yang menurut saya kurang di aplikasi stem gitar ini adalah contoh suara gitar dengan nada yang bersangkutan. Kalau ada, tentunya akan lebih mudah menjadi pembanding. Terutama untuk orang yang baru belajar gitar.

Secara keseluruhan, aplikasi Fender Tune memang menjalankan fungsinya menyajikan cara mudah stem gitar. Toh, itulah gunanya aplikasi, mempermudah hidup kita. šŸ˜€


Aplikasi Fender Tune bisa didapat baik untuk perangkat Android dan iOS. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis. Lalu, tidak hanya aplikasi untuk handphone dan tablet saja, Fender juga menyediakan aplikasi stem gitar di situs mereka (contoh suara nada). Jadi, silakan mencoba, dan selamat jadi ksatria bergitar!

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK iOS

DI WEBSITE FENDER

Video Pilihan

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.