Aplikasi Bookmark Raindrop Menyimpan Semua Tautan di Satu Tempat

aplikasi bookmark raindrop

Kali ini saya mau membahas aplikasi bookmark Raindrop. Aplikasi ini akan menyimpan tautan, mengenali jenisnya, dan menampilkannya dengan cantik di berbagai perangkat.

Ketika kamu menemukan hal menarik di internet tapi tidak sempat melihatnya, hal paling logis adalah membuat bookmark kan? Sehingga semua tautan tersimpan dan bisa dilihat lagi nanti.

Tapi ada kalanya kamu harus membuka dua atau lebih browser. Mungkin karena salah satunya terikat dengan akun tertentu (misalnya Chrome dan akun Google). Dalam hal ini, menggunakan bookmark dari browser saja cukup merepotkan. Untuk itulah ada aplikasi sejenis ini.

Aplikasi Raindrop ini boleh dibilang masuk satu kategori dengan Pocket, Instapaper, dll. Yah, saat ini Pocket mungkin sering disebut sebagai aplikasi bookmark terbaik. Lalu apa yang membedakan? Hm, tampilan mungkin salah satunya. Tapi mari kita lihat lebih jauh.


Baca juga: Toby: Bukan Sekedar Ekstensi Speed Dial Chrome Biasa


Menyimpan tautan dan melihatnya dengan mudah

Sudah jelas kalau fitur utama Raindrop adalah menyimpan tautan. Namanya juga aplikasi bookmark. Pangkalnya tentu saja ada di browser.

Raindrop mendukung ekstensi untuk berbagai browser populer: Google Chrome, Mozilla Firefox, Apple Safari, atau Opera. Jadi, tidak perlu takut terikat dengan browser tertentu.

tampilan aplikasi bookmark raindrop ekstensi chrome

Membuat bookmark dengan ekstensi Raindrop di Chrome

Saat membuat bookmark, Raindrop akan menarik konten dan mengenali jenisnya. Apakah itu artikel, gambar, atau konten lain. Aplikasi ini juga akan membuat screenshot atau mengambil gambar fitur dari halaman yang bersangkutan.

Kita juga bisa mengelompokkan bookmark tersebut dalam berbagai kategori dan menandainya dengan tag. Dengan begitu, saat mencari tautan dengan tema tertentu — misalnya smartphone murah — dengan mudah bisa langsung ditemukan.

tampilan aplikasi bookmark raindrop mac

Kumpulan bookmark di aplikasi Raindrop untuk Mac

Aplikasi bookmark Raindrop juga memiliki berbagai aplikasi. Baik untuk Mac, Windows, Android, iOS (iPhone dan iPad). Jadi semua tautan yang disimpan bisa dilihat hampir di mana saja dan kapan saja.


Baca juga: Berbagai Aplikasi Office Suite untuk Mengedit Dokumen


Tampilan yang sesuai keinginan

Untuk di komputer, baik melalui aplikasi web di browser atau aplikasi biasa, Raindrop memiliki tampilan yang sama. Tampilan ini mungkin tidak jauh berbeda dengan aplikasi Pocket atau Feedly. Sidebar di sebelah kiri untuk kategori dan pilihan lain, dan kanan untuk daftar bookmark. Kalau salah satu bookmark dipilih, akan muncul isinya dari sisi paling kanan (slide in).

preview bookmark Raindrop

Kita bisa memilih tampilan daftar bookmark. Bisa hanya judul saja, dalam bentuk daftar, kartu (gambar besar ukuran sama), atau moodboard (menyesuaikan ukuran gambar yang ada). Kita juga bisa melihat daftar bookmark dengan susunan tertentu. Bisa berdasarkan tanggal, nama (alfabet), atau popularitas.

Oya, Raindrop juga mendukung pengaturan ukuran huruf (font) dan tema (daylight, sunset, night).

Menurut saya, tampilan Raindrop beserta pengaturannya sangat fleksibel dan enak dilihat. Walau pun banyak fiturnya, tampilannya tidak terlihat rumit.

Pengalaman menggunakan aplikasi bookmark Raindrop

Setelah mencoba beberapa hari dan mengumpulkan bookmark untuk beberapa kategori, saya berhasil membuat beberapa catatan.

Saat ini, Raindrop belum bisa digunakan offline. Jadi untuk melihat isi bookmark, kita harus terhubung dengan internet. Kalau mau membandingkan, Pocket mendukung tampilan offline untuk beberapa hal tertentu (misalnya artikel).

aplikasi bookmark raindrop android

Aplikasi bookmark Raindrop di Android

Ketika membuat bookmark dengan Raindrop, aplikasi ini akan menarik gambar yang menjadi fitur di halaman yang bersangkutan. Namun, saya sempat mengalami kendala di situ. Tampilan gambar yang muncul hanya berupa screenshot halaman web saja. Walau bukan masalah besar, tampilannya jadi kurang sedap dilihat.

Oya, masih ada beberapa fitur di Raindrop yang belum hadir secara lengkap. Misalnya melihat daftar tag dan melihat bookmark duplikat.

Selain itu, tidak ada masalah dengan Raindrop. Lebih dari sekedar cukup untuk digunakan untuk membuat dan mengatur bookmark.


Baca juga: Airtable: Inilah Cara Membuat Tabel dengan Lebih Mudah


Saya pikir sebagai aplikasi bookmark Raindrop layak bersaing dengan Pocket. Saat ini — terutama untuk aplikasi Mac — saya lebih suka tampilan Raindrop. Tapi dengan fitur melihat offline, Pocket sedikit lebih baik.

Nah, seperti sudah saya sebut di atas, Raindrop tersedia di berbagai platform. Silakan coba, dan buktikan sendiri apakah aplikasi ini cocok dengan selera kalian atau tidak.

DOWNLOAD

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.