Anniversary Update: Yang Baru dan Yang Hilang

windows 10 mobile lock screen

Windows 10 Mobile Anniversary Update sudah dirilis beberapa hari lalu. Pengguna Windows–baik yang sudah maupun yang belum update–mungkin berpikir hal yang sama. Apakah update ini sudah cukup memuaskan? Saya pikir alangkah baiknya kalau kita bisa berbagi pengalaman dalam menggunakannya.

Ada cukup banyak perubahan terdapat di Anniversary Update ini. Baik yang populer maupun tidak. Baik yang mayor maupun yang minor. Beberapa yang bisa saya sebutkan adalah: Bursa baru, Messaging-Skype dihapus (kembali ke aplikasi pesan lama), Skype Preview tersedia, dan Kid Corner dihapus.

Saya akan membahas beberapa di antaranya. Mungkin tidak mencakup semuanya. Makanya saya memilih istilah ‘kita’ untuk berbagi pengalaman (well, there’s a dozen of us!).

Sebelum melangkah lebih jauh, perlu saya sebutkan kalau saya melakukan hard reset setelah melakukan update. Ya, mulai dari nol, seperti kata mas dan mbak di pom bensin.

Berikut ini beberapa catatan yang saya susun:

Setting

Setting memiliki tampilan baru. Tepatnya sub kategori yang mendapat. Sekarang di samping tiap pilihan terdapat ikon yang sesuai.

Program Windows Insider juga sekarang menjadi bagian dari Setting. Tidak perlu menggunakan aplikasi lagi. Lalu Glance dipindah ke Personalization, dan ada pilihan baru Apps for Website untuk pilihan aplikasi untuk membuka link website.

setting anniversary update


Notification & Action Center

Saya suka bagaimana kita bisa mengatur letak Quick Action. Bahkan bisa menghapus Action yang tidak sering kita gunakan. Lebih singset!

Berdasar apa yang saya alami, pengaturan letak Quick Action sempat menghilang. Saat pertama menjadi anggota Insider dengan Lumia 640 XL, saya mendapatkannya. Ketika mencoba dengan Lumia 920, fungsi ini whiling. Begitu juga ketika upgrade resmi di Lumia 930.

Menurut saya, tampilan notifikasi pun semakin enak dilihat.

notification quick action anniversary update


Bursa Windows

Pendapat saya agak bercampur aduk soal Bursa Windows. Tampilannya ada yang oke, dan ada yang ….susah dipahami baik secara estetis dan fungsi.

Halaman Home bisa dibilang cukup oke. Tapi kalau masuk ke salah satu kategori—sebutlah Gratis Teratas—kamu akan menemui tile besar dengan jarak yang terlalu lebar. Lalu di halaman aplikasi/game, walau secara keseluruhan lebih enak dilihat, ada juga beberapa hal yang terasa kurang sesuai. Misalnya background dalam bentuk gambar blur gradasi. Alasan yang paling masuk akal adalah hal ini terlihat bagus di desktop. Yaaa… mengingat Windows 10 Mobile sudah bukan prioritas, mau apa lagi? Paling feedback, feedback, feedback.

Kemudian fungsi More di bagian deskripsi. Kalau kita tekan, maka akan muncul deskripsi yang lebih panjang di dalam frame kotak. Yang terakhir ini cukup membuat saya garuk-garuk kepala. Kenapa harus seperti itu?

windows store anniversary update


Microsoft Edge

Yang saya perhatikan di Edge adalah kembalinya gestur swipe kanan-kiri untuk fungsi back ke halaman sebelumnya dan forward ke halaman yg lebih baru. Cukup fungsional, walau kadang suka salah respon kalau sedang scroll halaman website. Konon hal ini sudah diperbaiki di Fast Ring (RS 2).

Kemudian, kalau kita buka tab, pilihan mode InPrivate sekarang sudah langsung ada di application bar. Dulu pilihan ini tersembunyi di ikon elipsis .

microsoft edge anniversary update


Lock Screen

Sekarang, kalau kita memainkan musik, ada player controller di lock screen. Jadi kita bisa memilih pause/play, next dan previous langsung dari lock screen. Nice!

Kalau kita pause musik dan masuk ke Start Screen, lalu kembali mengunci handphone, kontrol tersebut akan hilang dari lock screen.

lock screen anniversary update


Emoji

Anniversary Update membawa 72 emoji baru Unicode 9 di keyboard Windows 10 Mobile. Sayangnya, untuk sementara ini mungkin baru bisa digunakan oleh sesama pengguna Windows. Android baru membawa emoji baru ini di Nougat, dan Apple belum merilisnya di iOS 10 beta.

Emoji ini bisa diakses melalui ikon emoji di keyboard. Perhatikan. Emoji yang muncul bisa berbeda kalau menggunakan tombol emoji di aplikasi. Misalnya, tombol emoji WhatsApp di sebelah tombol Send.

emoji anniversary update


Performa

Sejauh yang saya gunakan, tidak banyak kendala terjadi. Di sisi lain, ada perbaikan dan optimalisasi yang saya temui. Sekali lagi, saya belum mencatat semuanya, dan yang saya sebutkan ini masih relatif.

Soal kendala, saya mengalami beberapa masalah dengan aplikasi. Namun terus terang belum bisa memberi konfirmasi lebih jauh apakah ini karena Anniversary Update atau bukan. Misalnya aplikasi Freda, saya tidak bisa menyimpan pengaturan halaman ebook (margin, huruf, dll). Lalu, ada beberapa aplikasi yang sebelumnya saya gunakan (di Windows 10 Mobile 10586), tidak bisa saya dapatkan (misalnya Pushile untuk Pushbullet). Saya juga tidak mendapat notifikasi dari beberapa aplikasi (misalnya Pushpin atau Disqus–harus menunggu versi UWP).

Dari segi perbaikan. Salah satu yang saya temui adalah gambar yang dihapus dari aplikasi Foto, sekarang benar-benar hilang dari aplikasi File Explorer. Sebelumnya, seringkali masih muncul di sana. Saya juga belum menemui masalah di Kamera, yang sebelumnya suka tidak bisa menyimpan file.

Secara keseluruhan, performa baterai lebih baik. Walau pun kalau sinyal susah, tetap saja cukup menguras (dan lokasi rumah saya cukup pelit sinyal).


Sebenarnya ada satu fitur lagi yang ingin saya coba. Yaitu fitur Panorama di Kamera. Namun, fitur tersebut masih berkutat di program Insider dan belum dirilis resmi. Sayangnya, saya memutuskan kalau Lumia 930 ini akan tetap berada di jalur publik, dan Lumia 920 tidak bisa lanjut ke Redstone.

Saya pikir itulah beberapa hal yang bisa saya sebut berkaitan dengan pengalaman menggunakan Windows 10 Mobile Anniversary Update. Secara umum, saya masih mendapat kesan kalau Windows 10 Mobile masih belum matang. Beberapa hal masih belum konsisten, dan beberapa aplikasi (bawaan) masih belum menyamai penggunaannya di WP 8.1 (walau secara tampilan dan fitur lebih baik).

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.

14 Comments

  1. Kerenlah, awet baterainya sudah mulai ok.

  2. Saya pengguna Lumia 540 dual sim. Sebelum Update, saya sempat feedback ke Microsoft untuk menambahkan fitur lock 3G dan mengganti konfirmasi pesan terkirim cukup dengan "delivered' dan itu ditambahkan di update kali ini. Over all ok. Tapi memang ada yg hilang seperti radio fm. Gimana pendapat user yg lain?

  3. Terlanjur saya jual :(

  4. iya ikon di store gk enak dilihat, gede² gk beraturan bentuknya gk efektif. info & versi aplikasi jg gk jelas. sama ms edge jg swipenya terlalu sensitif, mau scroll malah ke-swipe ?

  5. Overall, saya puas dengan update ini, kecuali Windows Store. Ancur banget dah di AU ini. Setuju sama om Anom, background dalam bentuk gambar blur gradasi itu ngga banget deh. Apalagi di halaman download/update dan progress bar nya, hadeeh... ga lulus standar Windows ini mah.

  6. Setelah update kenapa tidak bisa kirim sms hanya bisa ketik, icon "kirim" tidak bisa d sentuh. Dan aplikasi translator seperti foto screenshot tidak bisa d apa apain.

  7. yang saya alami setelah update
    1. Lumia 640 XL saya 2x mengalami hang dan bergetar terus dan tidak bisa diapa-apakan secuali saya cabut baterainya
    2. masih sering force close pada aplikasi tertentu
    3. pada saat digunakan untuk mengetik, respon ketikan dan hasil ketikan cepatnya tidak sama, walaupun tidak sering, kadang itu terjadi saat diketik di apps Whatsapp.

    kira-kira kapan ya, windows phone bisa mendukung mobile banking dan aplikasi ojek online??hehe

  8. satu lg , huruf g muncul waktu ketik status di fb via Edge

  9. Betapa susahnya aplikasi sudut anak dihilangkan. Masa harus buka pojok aplikasi untuk mainan anak anak ?? Gak lucu kan.
    Seharusnya yang dihilangkan itu adalah pojok aplikasi karena aplikasi ini menurut saya jarang diperlihatkan. Kenapa krn kita balik lagi apa yg mau direkomendasikan ke org lain kalau selama ini os sebelah lebih favorit dibanding windows 10 (faktanya). Semua orang memilih smartphone kan berbeda2 ada yg sesuai fungsi, cuma gaya saja, kekinian, dll. Jd pojok aplikasi buat recomended ke org lain itu tdk perlu mereka bs memilih sendiri dan cari sendiri. Itu menurut sy... Mungkin ada yg berpendapat beda ? Silakan..

  10. Min, sy pengguna lumia 1520 dgn windows10 insider prog. Yg mw sy tanyakan, knp setelah pindah ke wm10, hp sy suka lama menyimpan file pd saat memotret... Pada layar muncul tulisan "saving file" dlm waktu yg cukup lama.. Baik ke sd card, maupun ke memory hp. Tp hal itu hanya terjadi dgn resolusi 16MP tanpa atw dengan format DNG. Klo dengan resolusi 5MP, hal sprti itu ga prnh terjadi min.. Dulu pd saat menggunakan win 8.1, jg ga prnh terjadi sprt itu, apa hanya sy aj mgkn?

  11. Butuh bantuan dong, ini lumia 930 saya update anniversary, pas download update stuck di 99%, sudah saya restart tetep berhenti di 99%..ada solusikah..thanks

  12. maap mas anom, mw nanya....klo perfoma update 14926 na, gmana....?