Amazon Membuat Supermarket Tanpa Kasir

amazon go supermarket tanpa kasir

Supermarket tanpa kasir? Berarti tanpa antri untuk membayar? Kelihatannya itu yang diniatkan oleh Amazon dengan supermarket barunya, Amazon Go.

Amazon menerapkan apa yang mereka sebut dengan “Just Walk Out Technology”. Teknologi ini menggunakan apa yang sekarang diterapkan di mobil yang mengemudi sendiri (self-driving car / autonomous car), meliputi computer vision, sensor fusion, dan deep learning.

With our Just Walk Out Shopping experience, simply use the Amazon Go app to enter the store, take the products you want, and go! No lines, no checkout. (No, seriously.)

~ Amazon

Amazon menyebutkan bahwa untuk berbelanja di Amazon Go, yang dibutuhkan hanyalah akun Amazon, smartphone yang mendukung, dan aplikasi Amazon Go. Sedangkan proses belanja, dilakukan dengan masuk ke toko, scan QR code yang ada di aplikasi (atau dengan NFC?), berbelanja, selesai. Tiap produk yang diambil akan secara otomatis dikenali dan dimasukkan ke dalam daftar belanja di akun Amazon. Bahkan ketika pembeli ragu-ragu, dan mengembalikan produk tersebut ke rak, aplikasi Amazon Go akan mengenalinya, dan mengurangi daftar belanjaan. Tagihan akan dikirim melalui akun Amazon pembeli.

The Verge menuliskan beberapa poin menarik sehubungan dengan proses ini. Sebagai konsumen, pembeli diuntungkan dengan proses tanpa antri. Keberadaan konsumen dilacak selama berbelanja untuk dianalisa produk apa saja yang menarik baginya. Kesan saya, mungkin beberapa orang bisa merasa tidak nyaman dengan proses ini. Tapi mengingat penggunaan smartphone sekarang, mungkin juga bukan masalah.


Baca juga: Penelitian: Pengguna Android Lebih Rendah Hati Dibanding Pengguna iPhone


Lalu, ada kemungkinan hal ini akan mendorong tren otomatisasi, yang berarti mengurangi tenaga kerja. Mengenai hal ini, The Verge juga menulis poin bagus. Meletakkan dan mengatur produk masih membutuhkan kinerja manusia. Jadi, walaupun mungkin nanti ada pengurangan tenaga kerja, hal itu tidak terjadi secara drastis. Bagaimana di masa depan? Masih perlu kita lihat lagi perkembangannya.

Supermarket Amazon Go saat ini masih berstatus percobaan, sebatas digunakan untuk karyawannya. Rencananya, supermarket tanpa kasir ini akan dibuka untuk publik di awal tahun 2017. Supermarket Amazon Go terletak di 2131 7th Ave, Seattle, WA, Amerika Serikat.

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.

Yuk komen