Minat

7 Kesalahan Penggunaan Smartphone

Penggunaan smartphone saat ini sudah bukan hal asing. Bahkan sebagian besar anak muda di Indonesia sudah memiliki ponsel pintar. Selain harganya yang sudah terjangkau, distribusi smartphone juga sudah menjangkau hingga kota-kota kecil di seluruh Indonesia.

Smartphone saat ini sudah beralih fungsi. Jika sebelumnya orang-orang membeli ponsel pintar ini karena kebutuhan, saat ini tak sedikit orang yang menenteng smartphone sebagai pengangkat gengsi dalam komunitas sosial mereka.

Semakin membanjirnya penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari memberikan pengaruh pada penggunanya. Ada beberapa akibat dalam penggunaan smartphone yang bisa kita jumpai. Kami merangkum 7 kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone:

Multi-tasking

Kesalahan ini merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Coba kalian lihat pada diri sendiri dan orang di sekitar. Berapa banyak orang yang baru nongkrong bareng tapi mata menatap ke layar smartphone? entah itu sambil balas email, sms, update status Facebook atau membalas mention Twitter.

Hal seperti ini tentu kurang tepat. Saat ber-sosial dengan keluarga, pasangan atau teman, lebih baik singkirkan terlebih dahulu gadget untuk mendapatkan waktu berkualitas bersama mereka.

Menulis terlalu cepat

Mungkin kalian sering membaca kesalahan penulisan dari email, chat atau sms yang dikirim oleh teman atau relasi bisnis. Hal tersebut mungkin tidak akan terlalu fatal jika pesan yang dikirim adalah pesan personal, namun akan menjadi masalah jika pesan tersebut berhubungan dengan pekerjaan. Jadi berhati-hatilah dalam menyusun huruf-demi-huruf, pastikan kalian melakukan cek ulang sebelum menekan tombol ‘kirim’.

Menyalakan fungsi ‘getar’

Fungsi getar merupakan hal yang ‘dilarang’ dalam aktivitas bisnis, apalagi saat kalian sedang berada di ruang meeting, presentasi atau interview. Jika kalian berada di ruangan-ruangan ‘krusial’, sebaiknya matikan ponsel saja.

Menjadi ‘message addict’

Apakah kalian adalah orang yang selalu menjawab chat/SMS/email pada ‘dering” pertama padahal saat itu kalian sedang berbicara dengan orang lain? Jika iya, kalian harus mencoba untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Ingat, bahwa tidak semua orang suka dengan perilaku tersebut, terlebih saat sedang meeting atau curhat.

Meninggalkan ‘voice answer’ yang panjang

Voice answer atau mesin jawab otomatis merupakan salah satu fitur smartphone yang menandakan bahwa kalian tidak bisa dihubungi. Oleh karena itu pastikan bahwa suara mesin jawab otomatis smartphone kalian tidak terlalu panjang yang berakibat penelpon bete dan tekor pulsa.

Menggunakan fasilitas ‘hold’

Jangan pernah membuat klien atau relasi menunggu ‘antrean’ untuk berbicara dengan kalian melalui telepon. Jika kalian memang tidak bisa lagi berbicara dengannya, maka katakan bahwa kalian akan menelpon-nya se-segara mungkin. Ingat, para pelaku bisnis tidak suka waktunya terbuang hanya untuk menunggu hal-hal remeh.

Menggunakan ‘Ringback tones’

Jika kalian seorang profesional di luar industri musik, jangan gunakan ringback tones pada smartphone kalian. Tidak semua orang suka dengan selera musik kalian. Yang terburuk adalah, bisa jadi seseorang yang ingin mengajak kerjasama mengurung-kan niatnya karena saat menelpon, orang tersebut mendengarkan ringback tones yang kalian pasang adalah lagu yang membuatnya mengingat mantan pacar, nah!

Itulah 7 kesalahan penggunaan smartphone dari kami. Apakah kalian memiliki pengalaman menarik saat menggunakan smartphone? bagikan pada kami melalui kolom komentar.

6 Comments

Comments are closed.