6 Hal Penting yang Diumumkan di Event WWDC 2017

apple imac 2017

Ajang tahunan Apple, World Wide Developer Congress atau yang biasa disebut denga WWDC kembali digelar. Event WWDC 2017 yang digelar di San Jose Convention Center itu, Apple mengumumkan 6 hal di event tersebut, mulai dari tvOS, Apple Watch, hingga produk baru mereka yang diberi nama HomePod.

Tim Cook mengatakan bahwa event WWDC 2017 merupakan event WWDC terbaik selama ini. Well, sejak era Steve Jobs berakhir, saya rasa WWDC terasa membosankan. Oke, itu subyektif saja.

Jadi apa 6 hal yang diumumkan Apple di event tahunan yang khusus diselenggarakan untuk kalangan developer ini?

tvOS

Layanan TV dari Apple saat ini memiliki 50 partner, dan di event malam tadi, Tim Cook mengumumkan partner baru yaitu Amazon. Pengguna Apple bisa menikmati layanan Amazon Prime di tahun ini.

Apple Watch

Apple watchOS 4 membawa tampilan dan fitur baru. Seperti update informasi berbasis waktu aktual di hari atau tempat tertentu, dan watch face baru.

Fitur Activity pada Apple Watch di klaim menjadi lebih personal dan memiliki fitur saran dari Siri, seperti notifikasi jika pengguna kurang gerak, news, cuaca, kalender dll.

“Wajah” baru Apple Watch meliputi watchface dari Siri, kaleidoskop, dan karakter Disney — menyusul Mickey dan Minnie — dari Toy Story, seperti Woody, Jesse, dan Buzz Lightyear.

Apple juga membawa update untuk teknologi fitness tracking dan tambahan integrasi dengan perlengkapan olahraga. Mereka yang menggunakan Apple Watch bisa menghubungkannya dengan peralatan yang mendukung melalui NFC. Dalam hal ini, Apple juga bekerja sama dengan tempat fitnes yang ada di Amerika.

Fitur Workout juga diberi peningkatan dengan memberikan tambahan kemampuan tracking aktifitas berenang, olahraga berat dan bisa mulitiple workout dalam satu sesi. Selain itu Apple Watch juga mendukung gym equipment di tempat-tempat fitnes untuk sinkronisasi data. Tentu tempat fitnes yang sudah bekerjasama.

Tambahan lain yang datang adalah manajemen musik. Hal ini memungkinkan impor playlist secara otomatis dan mendukung banyak playlist sekaligus. Apple juga membuat desain baru dock dengan tampilan vertikal untuk melihat aplikasi terakhir yang digunakan.

Mac

Apple memberikan update terbaru dari MacOS, yaitu dengan meluncurkan MacOS High Sierra (sebelumnya Sierra). Pada update MacOS terbarunya tersebut, Apple memberikan beberapa perbaikan pada browser Safari yang di klaim sebagai browser desktop tercepat saat ini. Ada penambahan fitur autoplay blocking dan intelligent tracking prevention untuk mencegah iklan tertarget.

Perbaikan lain ada pada aplikasi Mail, dimana sekarang sudah mendukung fitur full screen split view seperti Windows 10.

Untuk aplikasi Photo, Apple memberikan perbaikan pada face recognition dan sync otomatis ke device apple lain dan menjalin kerjasama dengan 5 layanan foto on demand di Amerika.

MacOS High Sierra juga mengganti file system HFS menjadi Apple File System, encoding video serta memberikan GPU yang lebih baik. Mac OS High Sierra akhirnya mendukung teknologi VR.

imac pro 2017

Selain memperkenalkan MacOS High Sierra, Apple juga memberikan penyegaran pada lini iMac dan MacBook dengan menghadirkan varian baru dengan hardware yang lebih tinggi. Selain itu, Apple juga menawarkan iMac Pro bagi pengguna yang ingin merasakan mesin dengan kinerja hardware optimal.

iOS

Sama seperti MacOS, Apple mengumumkan iOS 11 sebagai update terbaru untuk sistem operasi mobile mereka. iOS 11 memberikan redisgn app drawer, fitur sync chat (iMessage) antar device dan bisa hapus pesan terkirim. Pada bagian Apple Pay kini sudah mendukung person to person payment seperti PayPal.

Apple juga memberikan Siri kemampuan lebih yang mampu melakukan transalasi untuk beberapa bahasa, multiple result, memahami kontek, interest dll.

Fitur kamera pada iOS 11 juga mengalami perubahan dengan mengubah format JPEG menjadi HEIP. Untuk pengguna iPhone 7 dan iPhone 7+, bisa merasakan dukungan HEVC.


Baca juga: Cara Kalibrasi Baterai MacBook Agar Awet


Perbaikan juga dilakukan di aplikasi Photos dengan memberikan fitur potrait movies, e movies. edit foto live photos. loop live photos seperti fitu Boomerang dan kemampuan editing lebih advance (long exposure dll).

Apple juga melakukan redisain Control Center agar lebih mudah digunakan penggunanya. Fitur Maps juga diberikan sentuhan berupa adanya peta direktori Mall dan Bandara. Fitur baru yang juga diumumkan pada Maps iOS 11 adalah do not disturb while driving.

Di bagian Home Kit, Apple memberikan penambahan kategori speakers, AirPlay 2, multi room audio dan AirPlay 2 audio API untuk digunakan para developer aplikasi. iOS 11 juga memberikan redesain toko aplikasinya, App Store.

iPad

Dari 6 hal yang diumumkan oleh Apple di event WWDC 2017, iPad adalah bagian terbaiknya. Meski bukan sesuatu yang wah, paling tidak hadirnya iPad Pro 2017 ini membuat para pekerja seni dan orang-orang sibuk bergembira.

New iPad Pro hadir dengan layar 10.5 inchi, berat satu pound dan full size screen keyboard. iPad Pro yang baru juga sudah mendukung HDR video dan ProMotion (120 Hz refresh rate). Fitur ProMotion ini akan membuat layar iPad menjadi lebih smooth dan responsif.

Apple juga memberikan perbaikan pada Apple Pencil. Dengan latency hanya 20 ms, pengguna Apple Pencil akan merasakan pengalaman yang mirip saat menggunakan pensil biasa. erforma, A10X Fusion CPU (6 core),

Selain itu, tentu iPad Pro yang baru diberikan hardware yang lebih tinggi, yaitu A10X Fusion CPU (6 core), baterai hingga 10 jam, dan peningkatan hardware lainnya.

New iPad Pro bisa mulai di pesan hari ini dan akan dikirimkan minggu depan. Harganya, mulai dari 649$.

iPad Pro dan iOS 11 mungkin akan menjadi favorit pengguna iPad, meskipun fitur-fitur tersebut lebih dulu bisa kita temukan pada perangkat Windows 8. iOS 11 pada iPad Pro memberikan perubahan pada Dock, split view dan new app switcher. Selain itu iOS 11 pada iPad juga sudah mendukung drag and drop dan quick type.

Selain itu, Apple memberikan aplikasi baru, yaitu Files, yang mendukung banyak layanan cloud services. Terdengar familiar bagi pengguna Windows Phone dan Android?

Music

apple homepod smart speaker

Apple’s HomePod adalah speaker pintar yang dikendalikan oleh Siri (mirip Amazon Echo) yang akan hadir akhir tahun ini. HomePod menggunakan kesadaran spasial untuk menganalisis lingkungan dan menyesuaikan suara dengan ruangan yang ada di dalamnya, dan dapat mengarahkan suaranya dengan menggunakan teknologi beamforming. HomePods dapat terhubung secara nirkabel satu sama lain untuk memberikan suara yang lebih baik.

Itulah 6 hal yang diumumkan oleh Apple di event WWDC 2017 semalam. Apakah kalian sudah siap untuk mengantre HomePod di Apple Store?

0 I like it
0 I don't like it

Blogger, Digital Nomad