6 Fitur Dasar Edit Foto Instagram

instagram windows phone

instagram windows phone

Walaupun orang mengenalnya sebagai media sosial, Instagram juga merupakan aplikasi edit foto. Aplikasi ini sukses mempopulerkan penggunaan filter foto dan format ukuran 1:1 (bujur sangkar) sebagai fitur utamanya.

Sejak pertama dirilis, Instagram sudah mengalami perkembangan cukup banyak. Yang terakhir, ia merubah total tampilannya. Sekedar mengingat kembali, kami akan membahas tips dasar Instagram sebagai aplikasi edit foto.

  1. Atur ukuran dan posisi foto

    Sekarang Instagram sudah tidak hanya mendukung format ukuran 1:1 (bujur sangkar) saja. Kalau kamu mengambil sumber foto dari Library, kemungkinan besar ukuran fotonya bukan bujur sangkar.
    atur posisi foto instagramUntuk mengubah ukuran dan posisi foto sesuai keinginan kita, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

    • Tap satu kali tombol  zoom di sisi kiri bawah akan mengubah ukuran foto antara format asli dan bujur sangkar.
    • Tap dua kali di foto juga merubah ukuran foto antara format asli dan bujur sangkar.
    • Pinch out/in (cubit keluar ke dalam) foto akan mengubah ukuran foto sesuka kita (batasannya adalah pinggir kanan kiri, sedangkan atas bawah menyesuaikan).
    • Tap & drag (tekan dan tahan) foto untuk menggeser posisi foto.
  2. Pilih koleksi filter favoritmu

    Di bagian bawah foto yang diedit terdapat banyak pilihan filter. Namun sebenarnya masih ada lagi filter yang belum muncul.
    pilih filter yang sering dipakai-di-instagramUntuk memilih filter favoritmu:

    • Slide (geser) filter ke posisi akhir (paling kanan). Nanti akan ada kotak bergambar ikon  setting di paling ujung. Tap untuk masuk ke halaman daftar filter.
    • Tap di  lingkaran pilihan di sebelah kanan. Yang terpilih akan menunjukkan tanda  centang.
  3. Merapikan susunan koleksi filter

    Bisa dilihat di daftar koleksi filter, ada yang aktif (kita pilih), dan ada yang tidak. Kita bisa mengatur posisi tiap filter tersebut kalau kita ingin daftar tersebut lebih rapi.
    atur semua filter InstagramCaranya, tekan dan tahan filter yang ingin dipindah, lalu geser ke posisi yang diinginkan. Dengan demikian, misalnya, kita bisa memisahkan mana filter yang aktif dan mana yang tidak.

  4. Atur posisi filter yang sering digunakan

    Merapikan susunan filter Instagram juga bisa dilakukan di halaman edit foto. Ini cukup berguna kalau kita ingin menemukan filter foto yang paling sering kita gunakan dengan cepat.
    atur urutan filter instagramCaranya sama seperti sebelumnya. Tekan dan tahan filter sampai ‘terangkat’, lalu geser ke posisi yang diinginkan.

  5. Sesuaikan intensitas filter sesuai keinginanmu

    Saat menggunakan sebuah filter di Instagram, kita bisa mengatur intensitasnya agar sesuai keinginan kita.
    atur kekuatan filter instagramUntuk melakukannya, tap filter yang kita pilih sekali lagi, agar masuk ke halaman pengaturan. Geser slider yang ada untuk melihat perubahan yang terjadi di foto. Kalau sudah puas, tap Done.

  6. Edit foto secara manual

    Kalau sekedar menggunakan filter masih kurang memuaskan, kita juga bisa mengedit foto dengan berbagai pilihan lain.
    edit foto manual instagramTap tombol Edit (di samping filter), untuk masuk ke halaman editor. Di sana akan ada beberapa pilihan edit foto.

    • Adjust – Mengatur tingkat kemiringan foto (poros horizontal, memutar, dan vertikal).
    • Brightness – Mengatur tingkat kecerahan (terang) foto.
    • Contrast – Mengatur kontras foto.
    • Warmth – Mengatur suhu warna, apakah ‘dingin’ atau ‘hangat’.
    • Saturation – Mengatur tingkat kepekatan warna. Makin pekat, warna semakin keluar (menyala).
    • Color – Menambah nuansa warna sesuai pilihan. Bisa mempengaruhi shadows (bagian gelap foto) atau highlight (bagian terang foto).
    • Tilt Shift – Memberi dan mengatur efek blur pada bagian tertentu foto. Tilt shift bisa membantu memberi fokus pada obyek tertentu di foto, atau memberi efek miniatur kalau digunakan dengan tepat. Atur lebar efek tilt shift dengan gestur pinch out/in (cubit).
    • Sharpen – Menambah tingkat ketajaman foto.

Itulah 6 fitur dasar edit foto Instagram. Memang mungkin sebagian fitur ini sudah umum diketahui. Namun siapa tahu informasi ini berguna untuk mereka yang baru saja menggunakan Instagram, atau mereka yang baru beradaptasi dengan tampilan baru Instagram.

Artikel ini berdasar Instagram Windows 10 Mobile, yang hampir serupa (atau malah sama) dengan Instagram iOS. Instagram Android mungkin berbeda di beberapa fungsi. Kalau ada yang kurang, silakan berbagi di kolom komentar.

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.