Koleksi Pilihan Panduan

5 Website untuk Edit Foto Online Gratis

edit foto online di browser

Apakah kamu mencari foto editor online? Jangan kuatir. Kali ini kami akan membahas beberapa website yang menyediakan layanan edit foto online.

Ya, karena tidak semua orang memiliki program Adobe Photoshop. Selain itu, tidak semua orang membutuhkan aplikasi foto editor setiap saat. Untuk keadaan tertentu, mengedit foto online bisa jadi solusi tepat.

Hebatnya, ternyata cukup banyak website (web apps) yang memberikan layanan edit foto gratis. Apalagi, fitur edit foto yang ditawarkan juga cukup komplit.

Polarr

Polarr merupakan salah satu aplikasi edit foto yang paling populer. Aplikasi ini tersedia untuk berbagai platform, mulai dari iOS, Android, Mac, Windows, Linux, Google Chrome, dan tentu saja web browser. Polarr memiliki fitur premium (komersial), dan gratis. Versi gratis, tentu saja, memiliki beberapa keterbatasan.

polarr edit foto online

Fitur yang dimiliki Polarr cukup lengkap, dan tampilannya enak dilihat. Kita bisa melakukan edit foto online mulai dari fitur standar seperti memberi filter, sampai yang lebih canggih seperti mengatur kurva warna, dan memberi mask. Yang menarik, sebelum foto disimpan, kita bisa menambah watermark di foto.

Kunjungi Polarr.co Photo Editor


BeFunky

BeFunky juga memiliki fitur yang tidak kalah lengkap dari Polarr. Tapi BeFunky–seperti namanya–memiliki beberapa fitur yang lebih dekoratif. Mungkin lebih seperti Camera 360.

befunky foto editor

Selain fitur standar seperti mengatur exposure, warna, kemiringan foto, dll, BeFunky menawarkan efek dekoratif seperti filter, frame, sampai kosmetik seperti edit wajah. BeFunky juga mendukung fungsi layer sederhana untuk menambah watermark, logo, dll.

Kunjungi BeFunky Photo Editor


Fotor

Fotor, seperti juga Polarr, merupakan salah satu aplikasi edit foto yang populer. Terutama di handphone. Seperti BeFunky, Fotor juga memiliki koleksi dekoratif dan kosmetik di peralatan editnya. Misalnya: Frame, stiker, menambah tulisan, mengedit wajah, dll.

fotor edit foto online

Fotor–sejauh yang saya coba–tidak menawarkan fitur watermark. Tapi kita bisa menambah stiker buatan sendiri. Jadi saya pikir, langkah ini bisa digunakan kalau kamu ingin menambah watermark dengan Fotor.

Kunjungi Fotor


PicMonkey

PicMonkey juga seperti BeFunky dan Fotor. Selain fitur edit foto standar, aplikasi web ini mendukung beberapa peralatan dekoratif dan kosmetik. Selain itu, PicMonkey menawarkan tekstur, tema foto, dan beberapa hal lain.

picmonkey online photo editor

Sama seperti Fotor, PicMonkey menawarkan stiker (istilahnya Overlays), dan kita bisa menambah buatan sendiri.

Kunjungi PicMonkey


Pixlr

Pixlr merupakan aplikasi buatan Autodesk yang terkenal dengan program AutoCAD, SketchBook, dll. Ada dua aplikasi edit foto online yang ditawarkan Pixlr, yaitu Pixlr Editor, dan Pixlr Express.

pixlr foto editor

Pixlr Express, seperti namanya, lebih merupakan aplikasi edit foto instan. Mungkin sama dengan aplikasi yang sudah disebut sebelumnya. Walau begitu, fiturnya tetap bisa dibilang lengkap.

Sedangkan Pixlr Editor, lebih mirip Adobe Photoshop. Dengan peralatan yang lebih kompleks, seperti layer, lasso tool, sampai yang sejenis smudge tool dan spot heal tool. Tampilannya pun seperti Photoshop.

Kunjungi Pixlr Express

Kunjungi Pixlr Editor


Dengan aplikasi di website yang disebut di atas, kita bisa melakukan edit foto online gratis. Memang, beberapa di antaranya menawarkan fitur tambahan komersial, dan didukung iklan. Namun hal itu bukanlah masalah. Namanya juga layanan gratis.

Lalu, perlu diperhatikan juga bahwa beberapa website di atas menggunakan Adobe Flash sebagai sarana aplikasinya. Jadi, pastikan plugin Adobe Flash Player di komputermu update pada versi terbaru.

Silakan coba masing-masing layanan edit foto online di atas. Pilih mana yang kalian suka. Kalau ada layanan yang belum saya sebutkan, silakan berbagi di kolom komentar.