5 Program Video Editor Gratis Pilihan

video editor gratis di macbook pro

Adobe Premiere adalah program video editor yang populer. Namun tidak semua bisa membelinya. Ya, program video editor gratis memang banyak dicari. Terutama yang punya fitur lumayan lengkap. Pada kesempatan ini, kami mencoba melihat pilihan lain. Program video editor gratis apa saja yang ada.

Beberapa program yang tersedia gratis tentu saja memiliki batasan dibanding versi komersialnya. Hal ini sangat bisa dimaklumi. Yang cukup mengejutkan, beberapa di antaranya memiliki fitur yang tidak kalah dengan program komersial yang populer.

DaVinci Resolve (Windows/MacOs)

Program buatan BlackMagic ini terkenal digunakan untuk melakukan koreksi warna (konon produksi sekelas Hollywood pun menggunakannya). Walau begitu, fitur editornya juga tidak kalah menarik. DaVinci Resolve memiliki versi gratis (DaVinci Resolve) dan komersial (DaVinci Studio).

davinci resolve video editor

Versi gratis memang tidak selengkap versi komersial. Toh fiturnya tetap banyak dan kompleks. Misalnya mendukung multi-track edit audio video, multi cam editing, edit teks, HDR grading, berbagai efek visual, dll. DaVinci Resolve juga mendukung berbagai format, dan bahkan mendukung output untuk situs video online seperti YouTube dan Vimeo.

DOWNLOAD


Lightworks (Windows/MacOs/Linux)

Program satu ini juga disebutkan dipakai di Hollywood (konon The Wolf of Wall Street menggunakannya). Kelengkapan editnya juga disebut powerful. Seperti DaVinci Resolve, Lightworks juga tersedia dengan versi gratis (Lightworks Free) dan komersial (Lightworks Pro).

lightworks video editor free

Foto: EditShare Lightworks

Salah satu yang perlu diperhatikan di versi gratis adalah walau Lightworks mendukung banyak format video, ada keterbatasan di versi gratisnya. Yaitu hanya mendukung format H.264/MPEG-4 untuk layanan video online seperti Vimeo (sampai full HD 1080p) dan YouTube (720p). Tapi toh Lightworks tetap layak dicoba.

DOWNLOAD


BACA JUGA


Hitfilm Express (Windows/MacOs)

Hitfilm Express tidak hanya merupakan program video editor gratis, tapi juga menyediakan fitur visual effect. Program ini memiliki komunitas yang kuat dan menghasilkan banyak film.

hitfilm express video editor

Foto: Hitfilm

Hitfilm Express mendukung 2D dan 3D compositing, video editor yang dilengkapi dengan transisi dan multi track, juga dipersenjatai dengan lebih dari 140 efek. Namun versi Express yang merupakan versi gratis dari Hitfilm Pro, memiliki keterbatasan. Misalnya kalau kamu mau membuat video 4k. Tapi, Hitfilm menawarkan pembelian add-on terpisah. Ini berarti kamu bisa menambahkan (membeli) fitur sesuai yang kamu butuhkan.

DOWNLOAD


Shotcut (Windows/MacOs/Linux)

Shotcut merupakan program video editor gratis, berbasis open source, dan juga cross platform. Program ini mendukung banyak audio video format, fitur standar edit, berbagai video effect.

shotcut video editor open source

Foto: Shotcut

Shotcut memiliki dukungan untuk berbagai format audio, video dan gambar. Lalu, berbeda dengan program lain yang gratis, Shotcut mendukung kualitas video sampai 4K. Program ini juga mendukung berbagai fitur editing untuk video dan audio, termasuk filter dan blending mode. Karena Shotcut merupakan program open source, komunitas yang mendukungnya pun solid. Selain sering mendapat update dan fitur baru, tutorialnya juga banyak tersedia.

DOWNLOAD


Blender (Windows/MacOs/Linux)

Seperti Shotcut, Blender juga merupakan program open source, dan bisa didapat gratis. Walau Blender lebih dikenal sebagai program untuk membuat model 3D dan animasi, program ini juga memiliki fungsi video editor lengkap.

blender video editor

Foto: Blender

Fitur video editing Blender juga dilengkapi dengan live preview, audio mixing, sampai 32 slot obyek (video, audio, efek, dll), speed control, adjustment layer, dll. Blender juga mendukung berbagai format standar gambar (JPEG, PNG, TIFF, dll), video (AVI, MPEG, dll), dan 3D (3DS, DXF, LWO, SVG, dll). Pernah lihat film Hardcore Henry? Visual effect-nya dibuat dengan Blender.

DOWNLOAD


Itulah 5 program video editor gratis pilihan kami. Entah kamu sedang belajar membuat film, belajar mengedit film, atau memproduksi film dengan dana terbatas, program di atas layak dicoba. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan. Salam olahraga!

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.

3 Comments

  1. Bahas jg dong tentang app/software buat recording musik, khususnya yg uwp mas,hehe

  2. Blender, setelah saya hijrah ke linux dan berusaha move on dari adobe.

    • blender oke juga tuh, terlebih buat animasi