4 Tips Jitu Menjadi Video Creator dalam Satu Hari

tips menjadi video creator

Di dunia digital ini muncul banyak perubahan yang terjadi pada kehidupan kita sebagai manusia. Salah satu yang nggak bisa lepas adalah pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh manusia itu sendiri. Kalau dulu kita mungkin cuma akrab sama kerjaan-kerjaan kayak jadi polisi, dokter, atau bahkan presiden, sekarang jangan kaget kalau banyak jenis pekerjaan baru yang sama sekali susah buat dibayangin gimana cara kerjanya dan gimana mereka dapetin uangnya. Salah satu yang paling ajaib adalah pekerjaan sebagai content creator!

Content creator adalah sebutan untuk mereka yang berprofesi sebagai pencipta konten-konten kreatif yang banyak terdapat di internet. Seiring dengan perkembangan teknologi, khususnya di bidang digital, kita sebagai pengguna dimungkinkan untuk meraih banyak keuntungan dari sana. Salah satunya melalui berbagai situs berbagi konten populer seperti YouTube, Instagram, ataupun blog.

Salah satu jenis konten yang paling banyak diminati oleh netizen saat ini adalah konten yang berbentuk video. Nggak heran kalau sekarang banyak banget orang yang berbondong-bondong punya “profesi” sebagai video creator. Sebut saja Edho Zell, Bayu Skak, ataupun YouTubers lainnya.

Internet memungkinkan semua orang untuk menjadi apa yang dia inginkan. Termasuk jika menginginkan diri kalian menjadi video creator. Bukan tak mungkin jika kalian memulainya dari sekarang, kalian juga akan memperoleh kesempatan yang sama dengan nama-nama beken yang telah disebutkan. Jadi beginilah cara menjadi content creator:

1. Mulailah Membuat Konten dari Topik Terdekat

Seringkali ketika memiliki niat untuk membuat sebuah video, calon kreator terhambat di masalah ide. Ide menjadi sesuatu yang terlihat mahal. Padahal, jika kita mau berpikir lebih dalam, ide itu sebenarnya bisa diambil dari kehidupan kita sehari-hari. Misalnya, mengenai keluarga, pekerjaan, sekolah, atau bahkan hubungan asmara. Ide yang unik biasanya datang dari pengalaman masing-masing creator yang kemudian ditransfer dalam bentuk karya-karya video yang bisa dinikmati oleh orang lain.

2. Tulis Materi yang Akan Kalian Videokan

Persiapkan segalanya dengan matang. Termasuk apa saja yang akan kalian bicarakan dalam video yang akan dibuat. Oleh karena itu, penting untuk menulis script terlebih dahulu sebelum proses syuting. Jangan sampai ketika kamu udah di depan kamera, kamu bingung dengan apa yang akan kamu katakan. Atau bisa jadi akan membuat alurnya jadi random dan terkesan acak-acakan.

3. Bebaskan Dirimu Berimprovisasi

Kunci dari keberhasilan para video kreator adalah ide-ide kreatif yang mengalir dengan natural. Oleh karena itu, meskipun kalian sudah mempersiapkan naskah mengenai apa yang akan dibicarakan dalam video, jangan batasi diri untuk berimprovisasi. Improvisasi diperlukan agar video tidak terkesan kaku dan mengalir dengan lebih sempurna.

4. Bagikan Karyamu Agar Mendapat Masukan dari Orang Lain

Nah, jika proses produksi telah selesai, langkah terakhir yang harus kalian lakukan adalah mempublikasikannya ke publik agar hasil video kalian mendapat masukan dari orang lain. Jangan khawatir untuk mendapatkan kritik, karena hal itulah yang akan membuat kalian mengetahui bagian mana dari yang perlu diperbaiki. Selain itu, dengan membagikannya ke publik, kalian jadi tahu bagaimana respons netizen terhadap karya yang telah kamu buat.

Jika kamu tertarik untuk mempublikasikan video itu ke internet, salah satu tempat yang cocok banget untuk kalian coba adalah Loop Channel. Di Loop Channel, videomu akan ditonton oleh jutaan anak muda kreatif yang memiliki passion sama. Kalian akan mendapatkan review maupun komentar-komentar dari berbagai pengguna dari seluruh dunia. Selain itu, di Loop Channel kalian juga akan mendapatkan “mentor” yang akan membagikan tips dan trik agar karya videomu makin keren dari hari ke hari. Jadi, tunggu apa lagi? Ini saatnya kalian mulai menjajal diri menjadi video creator dan mempublikasikannya ke Loop Channel agar videomu tidak ditonton sendirian!

0 I like it
0 I don't like it

Blogger, Digital Nomad

2 Comments

  1. la trus bagaimana dengan cara itu kok bisa dapat uang banyak kak caranya gimana

    • kalau channel sudah ramai, banyak subs, bakal banyak brand yang ngajakin kerjasama