Koleksi Pilihan Panduan

4 Buku Pelengkap Game of Thrones

buku game of thrones
Foto: Jemimus (cropped & resized)

Game of Thrones memang menjadi tren karena serial TV yang ditayangkan di HBO. Namun jauh sebelum itu, seri bukunya sudah memiliki basis fans tersendiri. Saya adalah salah satunya, dan saya masih berpendapat bahwa serial TV-nya—walaupun bagus—kurang berhasil mencerminkan inti cerita.

Serial yang memiliki judul asli A Song of Ice and Fire ini memang kompleks. Sejarah panjang Westeros penuh dengan kisah-kisah menarik, dan saling berhubungan. Tidak semua cerita tampil di serial buku utama. Apalagi di serial TV. Hm, mungkin yang hanya menyaksikan serial TV tidak sadar bahwa ada misteri-misteri kecil yang seru.


Baca juga: 7 Film Adaptasi Buku Favorit


Secara berurutan, daftar buku Game of Thrones (atau aslinya A Song of Ice and Fire) adalah sebagai berikut:

  1. A Game of Thrones (1996)
  2. A Clash of Kings (1998)
  3. A Storm of Swords (2000)
  4. A Feast for Crows (2005)
  5. A Dance with Dragons (2011)
  6. The Winds of Winter (akan datang)
  7. A Dream of Spring (akan datang)

Sedangkan berikut ini adalah buku apa saja yang bisa jadi pelengkap serial Game of Thrones.


The World of Ice and Fire

Buku ini berisi sejarah Westeros dan daerah di sekitarnya. The World of Ice and Fire juga menjelaskan sejarah tiap klan (House), dan ras yang ada. Banyak kejadian penting dijelaskan di sini. Mulai dari datangnya First Men, jatuhnya Valyria, mendaratnya Aegon the Conqueror dan dua saudara perempuannya (yang juga istrinya) di Westeros, kejadian di Harrenhal, jatuhnya klan Targaryen, dll. Mungkin, satu-satunya yang masih menjadi misteri adalah tragedi Summerhall.

Kalau ingin tahu lebih jauh soal dunia Game of Thrones (atau tepatnya A Song of Ice and Fire), buku ini sangat membantu. Terutama kalau kamu memang fans berat serial ini. Hanya saja, buku ini bisa jadi buku yang membosankan. Pertama, karena terlalu geek. Kedua, karena gaya penulisannya memang seperti buku sejarah (berdasar catatan Maester). Ketiga, tidak semua menyangkut cerita utama.


Kisah Dunk & Egg

Hm, mungkin kurang tepat kalau yang ini disebut buku. Aslinya masing-masing cerita hadir dalam bentuk novella (novelet, versi kecil novel). Kisah Dunk & Egg ini bercerita tentang petualangan Dunk (Ser Duncan the Tall) dan Egg (Aegon V Targaryen, adik Maester Aemon di Castle Black).

Kalau ingat igauan Maester Aemon ketika sakit sebelum meninggal (saya lupa di serial TV ada atau tidak), ia menyebutkan nama Egg. Nama itu adalah Egg yang ada di novella ini.

Kisah Dunk & Egg ini sudah dipublikasikan dalam tiga novella: The Hedge Knight, The Sworn Sword, dan The Mystery Knight. Ketiganya juga sudah dibuat versi novel grafisnya, dan juga sudah ada buku yang menggabungkan ketiganya: A Knight of the Seven Kingdoms.


The Princess & the Queen

Cerita ini juga merupakan sebuah novella. The Princess & the Queen bercerita tentang persaingan antara Putri Rhaenyra dan Ratu Alicent yang berebut tahta Iron Throne. Persaingan ini berujung perang saudara dengan banyaknya anggota klan Targaryen yang gugur, dan hampir punahnya naga di Westeros.

Kisah ini dipublikasikan sebagai bagian dari antologi Dangerous Women. Antologi ini berisi 21 cerita pendek dan novella. George R. R. Martin bertindak sebagai editor untuk buku ini.

George R. R. Martin juga dikabarkan berencana menerbitkan versi komplit sejarah klan Targaryen dalam buku (atau serial?) Fire and Blood. Buku ini direncanakan akan dipublikasikan setelah serial A Song of Ice and Fire tamat.


The Rogue Princess

Kisah ini merupakan cerita sebelum the Princess and The Queen (prekuelnya). The Rogue Princess menceritakan awal mula perebutan tahta antara Putri Rhaenyra dan ibu tirinya Alicent Hightower.

The Rogue Princess hadir dalam buku antologi Rogues. Sama seperti Dangerous Women, Rogues berisi 21 cerita pendek yang dieditori oleh George R. R. Martin.


Baca juga: Buku yang Layak Dibaca di Tahun 2017


Itulah empat buku pelengkap serial Game of Thrones. Kalau kamu memang fans sejati, silakan baca buku-buku di atas untuk mengenal lebih jauh dunia dan sejarah Westeros.