5 Aplikasi Transfer File Cepat Antar Perangkat

mengirim file antar perangkat

Transfer file antar perangkat kadang bisa jadi masalah tersendiri. Transfer dengan Bluetooth sudah bukan solusi cepat dan tepat. Pilihan lainnya adalah transfer file lewat wifi.

Mungkin ada yang bertanya, “Kenapa tidak transfer file lewat cloud?”. Jawabannya cukup sederhana. Layanan cloud menggunakan koneksi internet. Sedangkan melalui wifi, bisa dilakukan secara lokal antar perangkat, tanpa perlu mengunggah menggunakan koneksi internet.

Bahkan, transfer lewat wifi ini bisa dilakukan dengan menggunakan hotspot dari perangkat yang bersangkutan. Misalnya, mau transfer dari handphone Android ke iPhone. Salah satu dijadikan hotspot, dan kedua perangkat dihubungkan.

Karena dilakukan dengan wifi, dan tanpa koneksi internet, kecepatan transfer pun bisa berjalan dengan cepat. Hampir tidak terhalang batasan apa pun (kecuali perangkat yang bersangkutan).


Baca juga: Manfaat Cloud Storage


Mari kita lihat aplikasi apa saja yang asik digunakan untuk transfer file dengan cepat.

AirDroid

AirDroid adalah sebuah aplikasi untuk transfer file dan melihat file manager Android dari PC. Keunggulan aplikasi ini adalah fungsi yang banyak. Selain kedua hal yang disebut di atas, AirDroid juga bisa digunakan untuk membalas SMS atau pesan WhatsApp, Messenger, dll dari notifikasi di desktop.

AirDroid tersedia di Android, untuk PC dan untuk Mac. Bisa digunakan secara gratis dengan kapasitas transfer 200MB/bulan.

Silakan baca review AirDroid dari kami.

airdroid for android

INSTALL AIRDROID


Zapya

Aplikasi Zapya mendukung berbagai jenis file (foto, musik, video, dokumen, dll), melakukan transfer file cepat, dan tersedia di berbagai perangkat dan platform; Android, iOS, Windows Phone, Windows PC, dan Mac. Salah satu kelebihan Zapya adalah memiliki aplikasi lain untuk webshare, yaitu mengakses konten handphone Android atau iOS melalui browser.

transfer file zapya

Zapya untuk Android

INSTALL ZAPYA


Xender

Aplikasi Xender mendukung transfer berbagai jenis file. Aplikasi ini juga tersedia di berbagai platform, baik Android, iOS, Windows Phone, Windows PC, dan Mac. Keunggulan yang dimiliki oleh Xender adalah layanan ini memiliki aplikasi web (web.xender.com), sehingga kita bisa mengirim file lewat browser.

aplikasi transfer file xender

Xender untuk Android

INSTALL XENDER


Baca juga: Tips Menonton Youtube Dengan Cerdas


SHAREit

Aplikasi SHAREit mendukung transfer berbagai jenis file. SHAREit tersedia untuk berbagai perangkat dan platform. Baik handphone; Android, iOS, Windows Phone, atau komputer; Windows dan Mac. SHAREit memiliki aplikasi web (web.ushareit.com). Namun sampai artikel ini ditulis, situs tersebut tidak memuat QR code yang dibutuhkan untuk menghubungkan perangkat.

aplikasi transfer file shareit

SHAREit untuk Android

INSTALL SHAREit


Feem

Sama seperti yang lain, aplikasi Feem mendukung berbagai jenis file dan berbagai platform; Android, iOS, Windows Phone, Windows PC, Mac, dan Linux (64 bit). Feem juga disebut memberikan enkripsi pada semua transfer lokal. Untuk bisa mengatur letak folder utama transfer file, kita harus menggunakan Feem Pro.

transfer file feem

INSTALL FEEM


Itulah 4 aplikasi yang berguna untuk mengirim dan menerima file antar perangkat dan antar platform. Keempat aplikasi ini memiliki fitur dan cara transfer file yang mirip. Nah, silakan dicoba, dan gunakan yang paling sesuai dengan kebutuhan atau kesukaan kalian. Kalau suka transfer file dengan teman, tanya juga aplikasi apa yang ia gunakan.

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.

2 Comments

  1. Favorit Kakak yang mana? Kalau saya make Share it

    • Kalo saya kebanyakan emang pake SHAREit. Tapi lagi nyoba Xender juga