10 Fakta Penting macOS Sierra untuk Diketahui

macos sierra

Tanggal 20 September ini, Apple merilis macOS Sierra, update sistem operasi versi terbaru untuk komputer Mac. Apakah ada yang menarik? Kami mencoba mengulas beberapa fakta yang perlu diketahui tentang macOS Sierra.

Tapi sebelum masuk ke poin-poin itu, menarik untuk disebut bahwa sistem operasi komputer juga mengalami perkembangan besar. Dengan perkembangan pesat di smartphone (atau sekarang bisa disebut ‘komputer kecil’), komputer juga harus tetap relevan dan tidak bisa dipisahkan. Oleh karena itu, garis besar dari perkembangan sistem operasi modern–entah itu Windows atau macOS–adalah integrasi yang lebih baik dengan perangkat lain (smartphone atau tablet).

Begitulah dengan sistem operasi terbarunya, Apple memperkenalkan beberapa fitur baru yang memudahkan penggunanya beraktivitas sehari-hari.

Berganti nama dari Mac OS X ke macOS Sierra

Apple menggunakan nama Mac OS X untuk sistem operasi komputernya sejak tahun 2001. Tahun ini, nama itu berubah menjadi macOS. Hal ini terjadi untuk menyelaraskan nama dari berbagai sistem operasi dari Apple. Jadi, sekarang Apple memiliki sistem operasi: iOS, watchOS, tvOS, dan macOS.

Apple masih meneruskan menggunakan penamaan seri berdasar pegunungan di California. Nama macOS Sierra diambil berdasar pegunungan Sierra Nevada yang terhampar dari California sampai Nevada. Secara numerik, versi macOS Sierra adalah 10.12.

Siri hadir di macOS Sierra

Asisten personal dari Apple, Siri, yang sebelumnya ada di iOS, kini juga hadir di macOS. Ia juga memiliki fungsi yang sama dengan sebelumnya. Mencari informasi, mengirim pesan, membuka aplikasi, dan beberapa fungsi lain. Intinya mempermudah multi-tasking.

siri macos sierra

Siri bisa diakses melalui ikon di Dock, Menu Bar, atau perintah keyboard. Hasil pencarian Siri bisa ditaruh di Notification Center atau dimasukkan ke dalam berbagai dokumen. Hasil ini bersifat dinamis, berubah sesuai hasil terbaru (misalnya skor pertandingan sepak bola). Tentunya, Siri membutuhkan koneksi internet.

Copy Paste antar perangkat dengan Universal Clipboard

Fitur ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari fitur Continuity. Dengan universal clipboard, pengguna perangkat Apple bisa melakukan copy dari perangkat satu, dan paste di perangkat lain. Entah itu gambar, video, atau teks.

Auto Unlock dengan Apple Watch

Dengan fitur ini, pengguna Apple Watch bisa masuk ke komputer Mac secara otomatis. Hal ini dilakukan melalui koneksi Bluetooth, apabila si pemakai Apple Watch berada di dekat Mac miliknya.

Fitur auto unlock ini membutuhkan perangkat Mac dari tahun 2013 atau yang lebih baru, dan watchOS 3 di Apple Watch.

Sinkronisasi data dengan iCloud Drive

Pembaruan di iCloud Drive mengijinkan sinkronisasi data secara otomatis, baik dari Desktop maupun folder Dokumen di Mac, ke iCloud Drive. Data itu bisa segera diakses di perangkat iOS atau komputer Mac lain.

icloud drive macos sierra

Optimalisasi penyimpanan secara otomatis

Ketika media penyimpanan sudah hampir penuh, macOS Sierra akan memilah mana data yang jarang diakses dan memindahnya ke iCloud. macOS akan mengingatkan berkas yang tidak lagi digunakan, seperti installer, duplikat data, dll. Sistem operasi ini juga bisa secara otomatis memindahnya ke Trash (selama 30 hari) untuk kemudian menghapusnya secara permanen.

Apple Pay tersedia di macOS Sierra

Dengan Apple Pay tersedia di Safari, pengguna bisa berbelanja di internet dengan lebih mudah, cepat, dan aman. Cari tanda Apple Pay di website langganan, dan selesaikan transaksi dengan Touch ID dari iPhone atau dua kali klik di tombol samping Apple Watch. Tanpa perlu cek kartu kredit lagi (karena sudah tersimpan di Apple Pay).

Apple Pay membutuhkan iPhone 6 atau yang lebih baru dengan iOS 10 atau Apple Watch dengan watchOS 3.

Fitur baru di berbagai aplikasi

Selain beberapa hal di atas, macOS Sierra juga membawa fitur baru di berbagai aplikasi Mac. Seperti:

  • Aplikasi Photo — Ada fitur Memories yang membuat slideshow foto secara otomatis berdasar waktu, tempat, dan orang. Juga dukungan ekstensi untuk mengedit Live Photo.
  • Safari lebih fokus ke konten HTML5, dan menangani plugin Flash, Silverlight atau QuickTime dengan cara yang berbeda (menampilkan pilihan sebelum memuat konten). Ekstensi Safari sekarang didapat melalui Mac App Store alih-alih dari website.
  • Message mendukung rich links (preview konten dari website seperti video bisa langsung dilihat tanpa meninggalkan aplikasi), respon cepat dengan “tapback” (memberi respon jempol atau hati), dan emoji yang lebih besar.
  • Picture in Picture — Melihat video di Safari atau iTunes bisa dilihat dalam ukuran kecil saat mengerjakan hal lain.
  • Tabs — Penggunaan Tabs sekarang bisa dilakukan di berbagai aplikasi Mac (misalnya di Maps, Mail, Pages, Numbers, Keynote, dll), seperti dilakukan di Safari atau Finder sebelumnya.

Tersedia untuk Mac tahun 2009 dan yang lebih baru

MacOS Sierra bisa didapat secara gratis, seperti update sistem operasi Mac sebelumnya. Sistem operasi ini bisa didapat untuk komputer berikut:

  • iMac dan Macbook — Akhir 2009 dan yang lebih baru.
  • Macbook Pro, Mac Mini, dan Mac Pro — Pertengahan 2010 dan yang lebih baru.
  • Macbook Air — Akhir 2010 dan yang lebih baru

Spesifikasi minimum yang dibutuhkan

Untuk bisa upgrade ke macOS Sierra, komputer Mac bersangkutan membutuhkan spesifikasi:

  • Menjalankan OS X Lion 10.7.5 atau yang lebih baru
  • RAM 2 GB
  • Memiliki kapasitas bebas sebesar 8,8 GB

Itulah beberapa fakta penting macOS Sierra yang perlu diketahui. Mungkin tidak semua fitur bisa dinikmati oleh penggunanya. Terutama karena dukungan dari berbagai hal, seperti perangkat atau ketersediaan layanan di pihak terkait. Mungkin tidak semua merasa beberapa fitur baru itu penting atau bisa digunakan, seperti koneksi internet yang tidak leluasa. Tapi toh perkembangan teknologi tetap menarik. Terutama karena semakin dekat dengan kehidupan sehari-hari.

0 I like it
0 I don't like it

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.

One Comment

  1. Gak ada yang spesial